Gelar Lomba Cerdas Cermat Kebangsaan

MAYANGAN, Radar Bromo – Menyambut Hari Santri Nasional (HSN) ke-V, hari ini (19/10) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Probolinggo bakal menggelar lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan.

Kepala Bakesbangpol Kota Probolinggo Teguh Bagus Sudjawanto mengatakan, lomba ini digelar untuk mengingatkan kembali bagi siswa tentang nilai-nilai kebangsaan yang mengakar di Indonesia.

“Tujuan kegiatan cerdas cermat ini tidak hanya untuk memperingati Hari Santri. Tapi, juga untuk meningkatkan pemahaman peserta akan nilai-nilai kebangsaan agar tidak dilupakan oleh generasi muda,” ujar Teguh Bagus.

Lomba Cerdas Cermat ini akan diikuti oleh 44 peserta dari SMP/MTs swasta dan negeri se-Kota Probolinggo. Pelaksanaannya akan dilakukan di Bale Hinggil hari ini melalui 2 tahap lomba.

“Tahap pertama merupakan tahapan penyisihan yang dilakukan melalui aplikasi android. Akan dipilih 12 regu, jika ada nilai yang sama, maka akan dipilih waktu yang tercepat,” ujar Teguh.

Untuk materi yang dilombakan, terutama berkaitan dengan 4 pilar kebangsaan. Yakni, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Serta juga pelajaran budi pekerja, nilai-nilai antikorupsi, nilai-nilai anti narkoba.

“Dalam sesi cerdas cermat ini akan ditampilkan video publik terkait isu-isu terkini. Peserta memberikan tanggapan terkait video-video tersebut,” ujar Teguh. (put/mie)