Festival Batik 2019 Kota Probolinggo Kembali Digelar

KANIGARAN, Radar Bromo – Pelestarian batik terus dilakukan di Kota Probolinggo. Tahun ini Pemkot melalui Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) setempat kembali menggelar Festival Batik 2019 pada 16 November mendatang.

Ada berbagai rangkaian lomba dalam Festival batik 2019 bertajuk: Eksotika Batik Kuno Kota Probolinggo. Mulai Lomba Desain Gaun Pesta Muslimah Batik Kota Probolinggo, Lomba Fashion Show Batik Pelajar, Lomba Foto On The Spot, penobatan duta batik kecamatan, pameran batik hingga puncak acara yang dihadiri Puteri Indonesia 2018, Sonia Fergina.

“Lomba desain baju batik ini merupakan hal yang terbaru di sini. Batik karya bapak ibu kita naikkan nilai kemanfaatannya,” ujar Suciati Ningsih, kabid Promosi Wisata, Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Probolinggo saat menggelar rapat koordinasi dengan pembatik di Kota Probolinggo.

Suci –sapaan akrabnya- menjelaskan, tahun ini pihaknya sengaja menggelar lomba desain batik. Harapannya, kain batik yang dibuat para pembatik bisa memiliki nilai lebih usai didesain secantik mungkin menjadi gaun pesta muslimah.

Selain kegiatan lomba-lomba, dalam Festival Batik yang menggandeng Jawa Pos Radar Bromo ini, juga akan menampilkan pameran batik UMKM Kota Probolinggo. Sebanyak 20 UMKM batik di kota mangga siap menyemarakkan acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 sampai 21.00 pada 16 November itu. Lokasi pameran UMKM ini di Jalan Panglima Sudirman depan kantor Wali Kota Probolinggo.

“Pelaksanaan Pameran batik akan dilakukan sampai malam hari. Karena saat pagi hari biasanya sepi, justru ramai saat sore hari,” ujar Suci. (put/mie)