Sisakan 11 Keluarga yang Belum Terima Bantuan PKH Tahap Empat

PURWOREJO, Radar Bromo– Ribuan warga Kota Pasuruan yang tercatat sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) boleh bernapas lega. Pasalnya, dana bantuan yang dinanti-nanti pada tahap empat sudah cair bulan ini.

Kabid Linjamsos Dinas Sosial Kota Pasuruan, Sugiarto menyebut, dana bantuan langsung diterima masing-masing KPM. Menyusul diterbitkannya surat perintah pencairan dana (SP2D) dari Kemensos RI, dua hari yang lalu.

“SP2D sudah kami terima Senin lalu. Dana bantuan untuk tahap empat ini sudah diterima sebanyak 4.690 KPM,” jelasnya.

Sementara jumlah KPM berdasarkan verifikasi yang dilakukan tenaga pendamping PKH sebanyak 4.701. Artinya ada 11 KPM yang masih belum menerima dana bantuan. “Memang 11 KPM belum menerima, kami masih menunggu SP2D susulan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, nominal bantuan pada tahap empat ini juga menyusut. Besaran bantuan yang diterima KPM lebih sedikit dibanding tahap sebelumnya. Hal itu tak hanya terjadi di Kota Pasuruan. Melainkan semua daerah. “Kami sudah sampaikan ke masing-masing penerima terkait hal ini,” jelasnya.

Berkurangnya besaran bantuan itu juga bervariatif sesuai dengan komponen penerima bantuan. Mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 175 ribu. Misalnya saja, komponen ibu hamil, anak usia dini, disabilitas dan lansia yang sebelumnya menerima bantuan Rp 600 ribu, kini hanya Rp 425 ribu.

Begitu pula dengan pelajar di tingkat SD, sebelumnya dijatah Rp 225 ribu, kini mendapat Rp 175 ribu. Lalu, pelajar SMP yang biasanya menerima Rp 375 ribu, kini menjadi Rp 275 ribu. Dan pelajar SMA mendapat Rp 350 ribu dari Rp 500 ribu.

“Itu kebijakan dari pusat. Jadi semua daerah juga ada pengurangan besaran bantuan. Namun hanya pada tahap empat saja. Selanjutnya, normal,” sebut Sugiarto. (tom/fun)