Warga Probolinggo Ini Dimassa usai Bawa Kabur 2 Slop Rokok, Polisi Upayakan Tempuh Kekeluargaan

GONDANGWETAN, Radar Bromo – Gara-gara membawa kabur 2 slop rokok tanpa membayar terlebih dahulu, Faisol Haq, 50, sempat dimassa warga di Desa Gayam, Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan. Pelaku yang diketahui berasal dari Probolinggo tersebut akhirnya diamankan di Polsek Keboncandi dan diupayakan diselesaikan dengan cara kekeluargaan.

Awalnya Faisol Haq, berniat membeli di toko milik M. Kholil, di Desa Gayam, Kecamatan Gondangwetan, Minggu (13/10) lalu sekitar pukul 08.30. Saat itu pelaku yang membawa 2 slop rokok keluar dari toko dan langsung membawanya dengan ditaruh di sepeda yang diparkir di depan toko.

Pemilik toko rupanya merasa curiga dan langsung meneriaki pelaku agar tidak keluar dari toko sebelum membayar dulu barang yang dibawa. Tapi rupanya pelaku malah melakukan aksi menelepon istrinya untuk menanyakan apakah sudah belanja apa belum.

Saat itu Ayah pemilik toko, Mudin, langsung mendatangi pelaku untuk memberitahu agar tidak mengambil barang yang belum dibayar. “Tapi dari pengakuan pelaku, ternyata malah bilang tidak punya uang. Pemilik toko curiga dan akhirnya sempat menahan pelaku dan ternyata tidak membawa uang,” ungkap AKP Suprihatin, Kapolsek Keboncandi.

Pemilik toko merasa curiga lantaran kejadian serupa pernah juga terjadi dengan modus yang sama 1-2 bulan lalu. Geregetan dan akhirnya sempat ribut, warga sekitarpun mulai berdatangan. Warga juga akhirnya memukuli pelaku di lokasi kejadian meski tak sampai babak belur. Kejadian ini lalu dilaporkan ke Polsek Keboncandi dan akhirnya pelaku diamankan.

Karena geretan dengan aksi modus ini, massa membakar motor milik pelaku. Sampai Senin (14/10) pelaku sendiri masih diamankan di Polsek Keboncandi dan diupayakan untuk diselesaikan dengan kekeluargaan dengan pemilik toko.

“Kami upayakan pelaku meminta maaf dan diselesaikan dengan kekeluargaan. Meskipun nominal 2 slop rokok tidak besar, diharapkan kejadian seperti ini juga tidak terulang lagi,” pungkasnya. (eka/fun)