Pasang Kawat, Warga Gading Tewas usai Terjatuh Bangunan Setinggi 8 Meter

GADING, Radar Bromo– Nahas menimpa warga Desa Sumbersecang, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, Zaenal Abidin, 50. Rabu (16/10), dia meninggal dunia setelah mengalami kecelakan kerja. Dia terjatuh dari bangunan Perpustakaan Desa Sumbersecang.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, kejadian itu terjadi sekitar pukul 14.00. Seusai kejadian, korban sempat dilarikan ke Puskesmas Condong, Kecamatan Gading. Namun, sebelum sampai ke puskesmas, korban meninggal.

Kapolsek Gading Iptu Bagus Purnama mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan adanya orang meninggal lantaran terjatuh dari kepala Desa Sumbersecang. Karenanya, pihaknya langsung menuju lokasi kejadian untuk memastikannya. “Kami langsung menuju lokasi kejadian,” ujarnya.

Bagus menjelaskan, sebelum kejadian korban memasang kawat di atas bangunan perpustakaan yang bertingkat. Ketinggiannya sekitar 8 meter dari tanah. Nahas, saat itu salah satu kawat yang dipasangnya lepas dan terpental mengenainya. “Korban memasang kawat tidak sendiri. Korban posisinya paling pinggir. Karena itu, saat terkena kawat yang lepas, korban langsung terjatuh,” ujarnya.

Setelah terjatuh, korban masih belum meninggal. Rekan korban bersama warga langsung melarikannya ke  Puskesmas Condong, Kecamatan Gading, untuk mendapatkan perawatan medis. Namun, korban mengembuskan napas terakhirnya ketika dalam perjalan menuju puskesmas. “Meninggalnya bukan di lokasi. Tetapi di perjalanan menuju puskesmas,” ujarnya.

Korban sendiri diketahui memiliki riwayat penyakit sesak napas. Oleh keluarganya, kematian korban diterima murni sebagai musibah. Bagus mengatakan, pihak keluarga langsung membawa korban ke rumah duka. Mereka tidak bersedia korban divisum. “Keluarga ikhlas dan tidak menuntut kepada siapapun. Korban langsung dibawa pulang ke rumah duka,” ujarnya. (sid/fun)