Proyek TPT di Kab Pasuruan Baru Rampung 50 Persen

BANGIL, Radar Bromo – Pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) di wilayah Kabupaten Pasuruan tengah diburu waktu. Pasalnya, pengerjaan puluhan TPT itu harus selesai November 2019.

Hingga saat ini, proses pembangunannya belum tuntas sepenuhnya. Karena baru sekitar 50 persen, pengerjaannya diselesaikan.

Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan, Cahyo Fajar menuturkan, ada 65 TPT atau plengsengan yang dibangun tahun ini. Pemkab menyiapkan dana hingga Rp 13 miliar untuk peneyelesaian pembangunan TPT itu.

Pengerjaannya dimulai akhir Agustus 2019. Hingga saat ini, sudah 50 persen proyek bernilai puluhan hingga ratusan juta itu terselesaikan. “Semuanya masih dalam proses pengerjaan. Sejauh ini, sudah tergarap 50 persen,” kata Cahyo.

Menurut Cahyo, proses pembangunan TPT itu tak banyak kendala berarti. Selain penyaluran material untuk lokasi yang berada di kawasan terjal. Karena beberapa pengerjaan TPT itu, berada di jalur yang cenderung menanjak.

Seperti di daerah Tutur, Tosari atau daerah lainnya. “Tak ada kendala berarti. Hanya pengiriman material untuk daerah dataran tinggi yang cukup menyulitkan,” tambahnya.

Meski begitu, pihaknya sudah memberi waktu untuk penyelesaian pekerjaan. Setidaknya November sudah harus terselesaikan. Pihaknya pun optimistis, bisa rampung sebelum deadline. (one/mie)