Sopir Ngantuk, Terios Tabrak Pikap di Tol Gempas

REMBANG, Radar Bromo – Kecelakaan juga terjadi di Tol Gempol Pasuruan (Gempas), Sabtu (12/10). Akibat sopir mengantuk, sebuah Daihatsu Terios  menabrak pikap. Kedua kendaraan sama ringsek. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Peristiwa itu terjadi pukul 13.10 di di jalur lambat tol Gempas, KM 791.600. Awalnya sebuah pikap bermuatan lele melaju di jalur lambat ke arah timur atau arah Probolinggo. Pikap dengan nopol P 8902 GB itu disopiri Asep Suryanto, 37, warga Tegalbaru Paleran, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember.

Di belakangnya, melaju Daihatsu Terios Nopol N 1428 P yang disopiri Safiudin, 35, warga Desa Curahtulis, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo. Terios yang membawa dua penumpang itu, tiba-tiba menabrak pikap di depannya.

Begitu ditabrak Terios, pikap oleng ke kiri. Kemudian, menabrak guard rail atau pembatas median kiri dan langsung berhenti. Sedangkan Terios yang menabrak, berhenti dengan posisi melintang di jalur lambat dengan posisi menghadap ke selatan.

AKP Lamuji, Kanit PJR 3 Ditlantas Polda Jatim menjelaskan, pikap berjalan dengan kecepatan kurang lebih 60 kilometer per jam di jalur lambat. Lalu tiba-tiba, Terios yang melaju dengan kecepatan 90 km/jam, menabrak pikap dari belakang.

“Posisi sopir Terios ini lelah dan mengantuk. Sehingga tidak bisa mengendalikan kendaraan dan akhirnya menabrak kendaraan di depannya,” terangnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu. Hanya kerugian materiil yang diperkirakan mencapai Rp 50 juta. Pikap penyok di bak kanan dan belakang. Selain itu, muatan lele di pikap tumpah ke jalan tol.

Sementara Terios penyok di bagian depan atau kap. Selain itu, mesin rusak, pintu kanan dan kiri penyok, ban depan kanan dan kiri bocor. “Kondisi kedua sopir tidak ada yang luka. Hanya satu penumpang dari Terios yang mengalami benturan dan luka ringan di dahi. Korban langsung dibawa ke RSUD dr. R Soedarsono, Kota Pasuruan,” terangnya.

Sementara itu, kedua kendaraan yang terlibat kecelakaan diamankan Poslantas Gempas. Evakuasi pada kedua kendaraan dilakukan dengan cepat, tanpa membuat macet jalan tol. Sebab, kecelakaan ini terjadi di jalur lambat. (eka/hn)