Puntung Rokok Picu Kebakaran Lahan Kosong di Sumbergedang Pandaan

PANDAAN, Radar BromoWarga Dusun Kedondong, Desa Sumbergedang, Kecamatan Pandaan, kemarin siang (10/10) sempat dibikin panik. Itu, setelah alang-alang di lahan kosong dilalap si jago merah.

Api diketahui pertama kali berkobar sekitar pukul 11.50. Lokasinya agak jauh dari permukiman warga, tepatnya berada di lahan kosong milik CV Bima Sakti yang luasnya mencapai hampir satu hektare.

Namun, kobaran api yang cukup besar membuat warga khawatir api akan merembet ke permukiman. “Warga tahunya sudah terjadi kebakaran. Akhirnya, lapor ke Polsek Gempol. Dilihat dari lokasi, lalu yang terbakar berupa vegetasi alang-alang, dugaan kuat api berasal puntung rokok yang dibuang sembarangan,” ujar Kapolsek Pandaan AKP Jaka Winarno.

Kobaran api sendiri baru bisa dijinakkan sekitar pukul 13.57. Untuk memadamkan api, 1 unit damkar dan 1 unit air curah didatangkan. Usai api berhasil dipadamkan, petugas tetap melakukan pembasahan hingga sore.

“Lidik tidak kami lakukan, fokus kami hanya pengamanan saat kebakaran berlangsung. Juga datangkan damkar dan mobil tangki ke TKP. Kami mengimbau masyarakat saat musim kemarau seperti ini lebih hati-hati karena rawan terjadi kebakaran. Termasuk alang-alang,” tegasnya. (zal/mie)