Peralihan Musim, Waspadai Puting Beliung

SANDAR: Sejumlah kapal nelayan sandar di Pantai Kalibuntu, Kabupaten Probolinggo. Memasuki pancaroba, warga diminta mewaspadai angin kencang atau puting beliung. (Dok. Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN, Radar Bromo – Memasuki peralihan musim antara kemarau menuju musim hujan beberapa gejala alam kerap terjadi. Salah satunya angin kencang atau puting beliung. Sebab, bencana ini sering terjadi di Kabupaten Probolinggo.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo Iskandar mengatakan, angin kencang atau puting beliung memang sering terjadi ketika memasuki pancaroba.

“Angin kencang dan puting beliung wajar terjadi ketika masuk masa peralihan musim seperti sekarang. Karena ini sudah merupakan gejala tahunan. Beberapa laporan yang kami dengar ada beberapa angin kencang maupun puting beliung, namun tidak sampai membesar dan merusak,” ujarnya.

Menurutnya, ada beberapa wilayah yang berpotensi terjadi angin kencang dan puting beliung. Salah satunya di sekitar Jalur Patura. Karena letak wilayahnya yang berdekatan dengan pantai, sehingga terjadi perbedaan antara suhu di pantai dengan di darat. Tetapi, ada beberapa kasus angin kencang atau puting beliung terjadi di dataran tinggi atau lereng gunung.

“Kamis (3/10), daerah Lumbang terjadi angin kencang, namun tidak sampai merusak bangunan milik penduduk. Hal ini tentunya harus disikapi oleh warga dengan meningkatkan kewaspadaannya,” ujarnya.

Menurutnya, potensi angin kencang dan puting beliung tidak perlu ditakuti. Masyarakat diimbau agar ketika angin kencang terjadi, dapat dilakukan dengan mitigasi resik dan tidak berada di bawah pohon besar, tiang listrik, atau tiang yang berpotensi roboh.

“Kejadian seperti ini tidak bisa dihilangkan karena sudah merupakan gejala alam, namun hal ini bisa diantisipasi supaya tidak menimbulkan korban jiwa. Seandainya ada korban jiwa, dapat diantisipasi supaya korbannya tidak banyak dengan meningkatkan kewaspadaan dan mitigasi risiko,” ujarnya. (ar/rud)