Rp 725 Juta untuk Pemeliharaan PJU di Kota Pasuruan

GADINGREJO, Radar Bromo – Pemkot Pasuruan tahun ini mengeluarkan anggaran cukup besar untuk penerangan jalan umum (PJU). Selain berencana menambah 150 titik PJU baru, pemkot juga mengalokasikan anggaran untuk pemeliharaan ribuan PJU.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) PJU pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pasuruan Ari Widodo mengungkapkan, untuk menambah PJU baru di 150 titik, pihaknya mengalokasikan anggaran Rp 3,4 miliar melalui APBD 2019.

Selain itu, Dishub tetap menyiapkan anggaran untuk pemeliharaan PJU di wilayah perkotaan. Anggarannya mencapai Rp 725 juta untuk pemeliharaan rutin pada 2.632 PJU.

Anggaran itu sendiri lebih kecil dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp 742 juta. “Anggaran pemeliharaan ini untuk ribuan PJU yang tersebar di empat kecamatan. Digunakan sewaktu-waktu saat dibutuhkan,” ungkap Ari Widodo.

Ari –sapaan akrabnya- menjelaskan, anggaran ini digunakan untuk pengadaan lampu LED 90 watt, 120 watt, dan 240 watt. Pengadaan ini tidak harus habis pakai tahun ini. Jika masih sisa digunakan tahun depan.

Anggaran ratusan juta itu sendiri diperuntukkan pemeliharaan selama setahun penuh. Pemeliharaan ini dilakukan melalui pemetaan oleh petugas di lapangan.

Jika didapati ada PJU mati dan rusak, maka lampu PJU ini akan diganti dengan yang baru. “Ini sifatnya pemeliharaan rutin. Jadi, digunakan selama setahun. Tidak harus habis terpakai tahun ini,” terang Ari. (riz/mie)