Rigid Jalan Raya Kasri Tuntas, Bypass Pandaan Menyusul

PANDAAN, Radar Bromo – Proyek rigid jalan nasional di Jalan Raya Kasri, Kelurahan Petungasri, Kecamatan Pandaan, akhirnya rampung. Usai menunggu umur beton 2 pekan, ruas jalan setempat sudah bisa dilintasi sejumlah kendaraan saat ini.

Jika sebelumnya baru bisa dilewati di lajur lambat, saat ini lajur cepat juga sudah bisa dimanfaatkan. Jadi, dua lajur sekaligus sepanjang sekitar 100 meter dengan lebar total tujuh meter sudah bisa dilintasi.

“Umur betonnya sudah cukup, jadi sekarang jalan nasional di Kasri seberang Mapolsek Pandaan sudah bisa dilewati kendaraan. Langsung dua lajur di satu jalur sekaligus,” terang Farhan, pelaksana lapangan dari BBPJN VIII Surabaya.

Dengan dicor rigid, konstruksi badan jalan setempat bakal lebih kuat dan tahan lama. Sebelumnya, ruas jalan setempat memang langganan rusak. Baik bergelombang maupun berlubang.

“Dengan kondisi saat ini, kendaraan yang melintas di atas rigid jalan nasional ini lebih terasa nyaman. Jadi, seperti melintas di ruas jalan tol. Sebab, sama-sama di-rigid,” jelas Farhan.

Usai tuntas melakukan rigid di jalan nasional Kasri, dalam waktu dekat ini ruas jalan bypass juga bisa dimanfaatkan keseluruhan.

“Di Bypass Pandaan tinggal pembersihan dan juga pembenahan sedikit di spot-spot sambungan. Antara cor beton dengan aspal. Paling lama, akhir pekan ini sudah bisa dilewati kendaraan. Baik di lajur cepat maupun lambatnya,” kata Farhan. (zal/mie)