Jaring 2 Anjal Perempuan di Gempol, Dikirim ke UPT Rehab Kediri

GEMPOL, Radar Bromo – Satpol PP Kabupaten Pasuruan mengamankan 2 anak jalanan (anjal) di daerah Bundaran Gempol. Kedua anjal perempuan di bawah umur ini akhirnya dibawa ke Rumah Singgah Bina Hati, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pasuruan. Mereka pun dikirim pelatihan ke UPT Rehabilitasi Sosial Bina Laras Kediri.

Sulhi, Plt kasi operasi dan pengendalian Satpol PP Kabupaten Pasuruan mengatakan, razia anjal ini dilakukan saat petugas Satpol PP melakukan patroli rutin di Kabupaten Pasuruan. “Saat di Bundaran Gempol, ada anjal yang jagongan (duduk-duduk) di pinggir jalan sembunyi di bagian belakang plakat rambu lalu lintas,” terangnya.

Razia sendiri dilakukan pada Senin (7/10) pukul 16.30. Saat itu ada 2 anjal perempuan yang berpakaian lusuh dan membawa ukulele buat ngamen.

Sulhi menjelaskan, razia sendiri rutin digelar agar jalanan nyaman bagi pengendara. Selain itu, keberadaan anjal juga kerap dikeluhkan pengguna jalan.

Wahyu Widodo, kasi pelayanan rehabilitas sosial Dinsos Kabupaten Pasuruan mengasesmen kedua anjal perempuan yang diamankan. Keduanya berusia 17 tahun. Satu di antaranya asal Pandaan, Kabupaten Pasuruan dan satunya asal Lumajang. “Jadi, mereka ini memang statusnya putus sekolah karena salah pergaulan akhirnya menjadi anjal,” terangnya.

Setelah diasesmen, kedua orang tua pun dipanggil dan akhirnya dari permintaan dan persetujuan orang tua. Kedua anjal ini pun dibawa ke UPT Rehabilitasi Sosial Bina Laras Kediri.

“Jadi, dari kedua orang tua sudah menyetujui agar anak mereka dikirim ke UPT di Kediri. Hari ini (kemarin) langsung kami antar. Nantinya mereka akan mendapatkankan pelatihan keterampilan selama 4 bulan. Agar memiliki keterampilan dan nantinya bisa menjadi bekal untuk mandiri,” ujarnya. (eka/mie)