Baru Dua Jagal di Kota Probolinggo Gunakan RPH Unggas

WONOASIH, Radar Bromo – Rumah Potong Hewan (RPH) Unggas di Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, telah diresmikan sejak 2016. Namun, sampai Selasa (8/10) hanya dua pelaku usaha ayam pedaging yang menggunakan jasanya.

“Susah sekali untuk mengajak tukang potong unggas menggunakan RPH Unggas. Sampai sekarang (kemarin) baru dua tukang potong yang pakai RPH,” ujar Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Probolinggo Vaiga Miriami, kemarin.

Vaiga mengatakan, RPH Unggas telah memiliki fasilitas lengkap dan kebersihannya terjaga. Namun, masyarakat lebih terbiasa memotong hewan di rumah-rumah. “Sampai sekarang masih belum ditarik retribusi, karena yang pakai juga masih sedikit. Baru dua tukang potong, sedangkan total tukang potong unggas di Kota Probolinggo ada sekitar 30 orang,” ujarnya.

RPH Unggas biasa melakukan aktivitas pada pukul 23.00 sampai pagi hari. Rata-rata bisa sampai memotong satu ton ayam. “Kalau misalnya ada pesanan ayam potong dalam jumlah besar, bisa sampai pukul 10.00 masih ada kegiatan pemotongan. Daging ayam potong dari RPH Unggas juga dipasok ke pasar-pasar di Kota Probolinggo,” ujarnya. (put/rud)