20 Warga Kab Probolinggo Dipulangkan dari Wamena, Total Ada 99

MAYANGAN, Radar Bromo ­– Proses pemulangan warga Kabupaten Probolinggo dari Wamena, terus berlangsung. Selasa (8/10), sebanyak 20 warga Kabupaten Probolinggo dipulangkan dari Wamena.

Mereka dijemput oleh petugas Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo di asrama Transito milik Disnaker Jawa Timur di Jalan Margorejo, Surabaya. Selanjutnya, mereka diantar menuju desa masing-masing.

“Ini sudah kesekian kalinya Dinas Sosial menjemput warga yang pulang dari Wamena. Total sudah sekitar 99 orang yang dipulangkan dari Wamena menuju desa masing-masing,” terang Kepala Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo Achmad Arif.

Pemulangan warga ini, menurutnya, merupakan koordinasi Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo dengan Dinas Sosial Jawa Timur. Provinsi akan memberikan kabar kepada Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo jika ada warga kabupaten yang pulang dari Wamena.

“Sudah kami bangun komunikasi dengan provinsi. Saat ada warga yang akan mendarat dengan pesawat Hercules atau pesawat komersial, akan kami fasilitasi kendaraannya menuju desa mereka,” jelasnya.

Ditambahkan Arif, masih banyak warga kabupaten yang dalam perjalanan pulang. Rencananya, dalam waktu dekat akan ada pemulangan warga secara besar-besaran. Mereka menggunakan dua kapal laut yang akan berlabuh di Surabaya.

Saat ini pihaknya sedang menyiapkan kendaraan yang akan digunakan untuk menjemput mereka.

“Infonya seminggu lagi akan ada pemulangan besar-besaran menggunakan kapal. Kami sedang memastikan jumlahnya untuk menyiapkan kendaraan yang akan digunakan,” tuturnya.

Pihaknya, menurut Arif, juga sedang menyiapkan tempat untuk beristirahat sementara di Surabaya. Sehingga, warga bisa istirahat saat tiba di Surabaya. (ar/hn)