12 Warga Kedawang Nguling Dipulangkan dari Wamena lewat Surabaya

NGULING, Radar Bromo – Gelombang pemulangan warga Kabupaten Pasuruan dari Wamena terus berlangsung. Selasa (8/10), Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan menjemput warganya yang baru pulang dari Wamena.

Ada 12 warga dari Kecamatan Nguling yang dijemput di asrama Transito. Selanjutnya, mereka diantar ke Kantor Kecamatan Nguling.

Semuanya berasal dari Desa Kedawang, Kecamatan Nguling. Akhwan Husein, kasi perlindungan sosial dan korban bencana Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan mengatakan, mereka yang dipulangkan kemarin adalah pengungsi dari Wamena yang pulang naik pesawat Hercules. Lantas turun di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

“Jadi yang diantar hari ini (8/10) adalah pengungsi yang diantar dari Wamena ke Jakarta. Kemudian yang dari Jawa Timur, diantar via jalur darat dengan bus,” terangnya.

Semua warga, menurut Akhwan, dalam keadaan sehat. Mereka lantas diantar ke Kecamatan Nguling untuk dijemput keluarganya.

Dengan pemulangan 12 warga dari Nguling kemarin, tercatat sudah ada 66 warga Kabupaten Pasuruan di Wamena yang pulang. Sedangkan Dinsos sendiri memperkirakan. jumlah warga Pasuruan di Wamena ada 206 dari Kecamatan Nguling saja.

Dinsos sendiri masih belum bisa memberikan informasi apakah warga lainnya yang saat ini bertahan di lokasi pengungsian akan dipulangkan semua atau tidak. Namun, setiap hari pihaknya memantau terus dan berkoordinasi dengan Dinsos Provinsi Jawa Timur.

“Jika ada warga Pasuruan yang datang, maka akan segera kami jemput dan antar pulang,” pungkasnya. (eka/hn)