Edarkan Sabu, Warga Besuk Dibekuk

PAJARAKAN, Radar Bromo – Warga Desa Alaskandang, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo, Abdul Basit, 39, diamankan anggota Polres Probolinggo. Sebab, dia disangka menjadi pengedar narkotika jenis sabu-sabu.

Tersangka dibekuk ketika berada di rumahnya pada Senin (7/10) sekitar pukul 01.00. Dari sana, tersangka langsung digelandang ke Mapolres Probolinggo untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Kasat Resnarkoba Polres Probolinggo Iptu Sujilan mengatakan, penangkapan dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat. Mereka mengaku resah karena di desanya ditengarai ada peredaran narkotika. “Mereka resah. Katanya ada pengedar narkoba,” ujarnya.

Pria yang pernah bertugas di Jember itu mengaku langsung menyelidikinya. Hasilnya, memang ada pengedar narkotika yang dicurigai, sehingga pihaknya menangkapnya. “Kami upayakan penangkapan dan ternyata benar,” ujarnya.

Polisi juga sempat menggeledah rumah tersangka. Hasilnya didapatkan banyak barang bukti. Di antaranya, ada satu poket narkotika jenis sabu-sabu seberat 0,13 gram, sebuah bungkus bekas rokok, sebuah alat hisap atau bong; sebuah pipet kaca, dan satu unit handphone.

“Pelaku dan barang buktinya langsung kami bawa ke Mapolres untuk penyelidikan lebih lanjut. Untuk pasal yang dikenakan, yaitu pasal 114 ayat (1) subsider pasal 112 ayat (1) UU Nomor 35/2009 tentang Narkotika,” ujar Sujilan. (sid/rud)