Menang Sinergitas Kecamatan, Mayangan Wakili Kota di Tingkat Provinsi

KANIGARAN, Radar Bromo – Penilaian Sinergitas Kecamatan gelaran Pemkot Probolinggo, klimaks. Dari lima kecamatan, Kecamatan Mayangan dinyatakan sebagai pemenang. Kecamatan ini pun akan mewakili Kota Probolinggo dalam event yang sama di tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Kemarin, kami sudah mengirimkan data pemenang ke pihak provinsi, untuk nantinya ditindaklanjuti,” ujar Kassubag Pemerintahan Kecamatan, Bagian Pemerintahan Sekretariatan Daerah Pemkot Probolinggo Agus Prasetyo, Selasa (1/10).

Di tingkatan provinsi, Kecamatan Mayangan harus mengikuti beberapa tahapan. Di antaranya, tahapan administrasi, paparan, dan terakhir tahapan kunjungan lapangan. “Makalah dan data Kecamatan Mayangan, sudah kami kirim ke provinsi. Tinggal menunggu informasi tahapan saja,” ujarnya.

Menurutnya, penentuan keputusan pemenang Penilaian Sinergitas Kecamatan tingkat Kota Probolinggo itu dilakukan para juri pada sidang pleno, Kamis (26/9). Diambil dari hasil penilaian administrasi dan kunjungan lapangan. Hasilnya, Kecamatan Mayangan mendapatkan nilai tertinggi, 76,74. Disusul Kecamatan Kademangan (64,75), Kecamatan Wonoasih (63,76), Kecamatan Kanigaran (63,10), dan Kecamatan Kedopok (55,67).

Menurutnya, Kecamatan Mayangan memiliki beberapa program unggulan yang bisa menjadi contoh bagi daerah lain. Seperti, Kampung Inggris di wisata Benteng, Kampung Bermi, dan Kampung Kayu.

Agus berharap, pemenang event ini bisa menjadi contoh bagi kecamatan lain di Kota Probolinggo. “Lebih-lebih bisa menang di ajang provinsi. Hingga nantinya Kota Probolinggo bisa menjadi contoh bagi daerah lain,” harapnya. (mg1/rud)

 

Penilain Sinergitas Kecamatan
Kecamatan Mayangan      Nilai 76,74
Kecamatan Kademangan Nilai 64,75
Kecamatan Wonoasih       Nilai 63,76
Kecamatan Kanigaran      Nilai 63,10
Kecamatan Kedopok         Nilai 55,67