Hutan Desa Boto Lumbang Terbakar, Diduga Akibat Puntung Rokok

LUMBANG, Radar Bromo- Warga Desa Boto, Kecamatan Lumbang Senin (30/9) petang. Dibuat gempar. Ini menyusul terjadinya kebakaran di hutan yang berlokasi di Dusun Lorokan. Kebakaran yang terjadi itu, merembet ke lahan kayu milik warga  setempat.

Kebakaran terjadi di Hutan seluas 500 meter. “Tidak luas kebakaranya, tapi namanya kebakaran ya harus di atasi,” ujar staf Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Benca Daerah (BPBD) Kabupaten Probolingg, Aries Setyawan.

Lokasi kebakaran tidak jauh dari pemikiman warga. “Untung warga sigap, saya takutnya menjalar kepemukiman warga,” ujarnya.

Selain itu, pemadaman dilakukaan oleh salah sekitar 20 orang, yang terdiri dari BPBD, Perhutani, Dan warga setempat. “BPBD mengirimkan 3 personel Tim Reaksi Cepat (TRC), dan sisanya dari Perhutani dan warga,” ujarnya.

Pemadaman dilakukan dengan manual, seperti timba air, ranting pohon, dan kayu. “Titik jalar api dihentikan dengan alat seadanya, sehingga api tak sempat menyebar” ujarnya.

Menurut Aries, pemicu kebakaran masih belum bisa di pastikan. Kemungkinan terjadi akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan atau pembakaran sampah. “Yang jelas hutan dipenuhi daun jati kering, sehingga percikan api kecil bisa mudah membesar,” ujarnya.

Pihaknya juga menyampaikan terhadap masyarakat agar tidak melakukan sesuatu yang bisa memicu kebakaran. “Apalagi sekarang musim kemarau yang mamang rentan terjadi kebakaran. Masyarakat harus lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu yang bisa memicu kebakaran,” ujarnya. (mg1/fun)