Pagar Alun-alun Kraksaan Mulai Dibongkar, Proyek Revitalisasi Digarap Oktober

TAHAP AWAL: Sejumlah pekerja merobohkan pagar di sisi utara alun-alun Kraksaan, Rabu (25/9). Pembongkaran itu menjadi tanda bahwa proyek revitalisasi ruang terbuka hijau tersebut sudah dimulai. (Foto: M Rosyidi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN, Radar Bromo – Rencana revitalisasi Alun-alun Kraksaan mulai dikerjakan. Ini ditandai dengan dibongkarnya pagar alun-alun yang sudah mulai dilakukan Rabu (25/9). Pembongkaran pagar tersebut adalah langkah awal proyek revitalisasi, sebelum nantinya proyek bernilai miliaran itu dilanjutkan dengan pembangunan lainnya.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo, pembongkaran dilakukan di sisi alun-alun sebelah utara. Para pekerja melakukan pembongkaran pagar besi terlebih dulu. Setelah besi roboh, kemudian dilanjut dengan tembok penahan besi.

Meski baru sehari, pembongkaran cukup cepat dilakukan. Mulai dari ujung barat sisi utara hingga ujung timur telah dibongkar. Para pekerja melakukan pembongkaran mulai pagi hingga sore.

Menurut Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Probolinggo Prijono, mulai kemarin memang sudah dilakukan pembongkaran pagar. Ini sesuai konsep revitalisasi alun-alun, sehingga nantinya alun alun tersebut terbuka. Tidak ada lagi pagar yang menghambat warga untuk ke dalam alun-alun.

“Untuk pagarnya dibuat. Jadi sifatnya nanti lebih terbuka dan masyarakat leluasa masuk alun-alun,” jelasnya.

Tidak hanya itu, selain pembongkaran pagar, pihaknya juga akan melakukan perbaikan pada pendapa di alun-alun. “Untuk kolom-kolom lain yang tadinya mengganggu pemandangan sudah tidak ada. Jadi lebih bebas,” ungkapnya.

Pada akhir bulan ini lanjutnya, hanya melakukan pembongkaran yang hendak dilakukan perbaikan. Sedangkan untuk perbaikannya, baru akan dilakukan pada awal bulan depan. “Sekarang masih pembongkaran. Untuk perbaikan, dilakukan pada awal Oktober,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya revitalisasi alun alun dianggarkan sekitar Rp 3,2 miliar. Anggaran itu diperuntukkan untuk perbaikan total Alun-alun. Tujuannya yaitu agar alun-alun lebih terbuka dan bisa dimanfaatkan taman aktif masyarakat. (sid/fun)