Pedagang Tempati Lapak Relokasi, Bangunan Lama Pasar Purwosari Mulai Dibongkar

PURWOSARI, Radar Bromo – Proyek revitalisasi Pasar Purwosari segera dibangun dalam waktu dekat. Sebelum direalisasikan, para pedagang akan menempati los dan kios blok tengah belakang kantor pasar. Beberapa pedagang bahkan sudah pindah ke lapak relokasi.

Lapak ini dibangun sebagai penampungan sementara selama pekerjaan konstruksi berlangsung. Lokasinya memanfaatkan halaman parkir depan kantor pasar daerah ini.

“Terakhir pada akhir pekan kemarin, semua pedagang di blok tengah nantinya akan di revitalisasi, pedagang sudah harus pindah dan menempati lapak relokasi yang sudah disediakan. Totalnya ada 79 orang pedagang,” ucap kepala Pasar Purwosari Halevi.

DIBONGKAR: Bangunan lama Pasar Purwosari yang sudah mulai dibongkar. (Foto: Rizal F Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Meskipun ada revitalisasi di pasar daerah ini, aktivitas perdagangan tetap berjalan normal. Para pedagang yang kios atau lapaknya dibongkar dan akan diganti baru, tetap masih bisa berjualan.

“Aktifitas perdagangan tetap jalan terus seperti biasanya. Toh ini (lapak relokasi, Red) kan sementara. Nanti akan balik lagi ke lokasi lama setelah selesai dibangun,” ungkapnya.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, bangunan lama terlihat sudah mulai dibongkar secara perlahan. Seperti pada bagian atap, kusen dan rolling door. “Secara otomatis bangunan lama sudah mulai dibongkar, saat ini secara swadaya dulu. Butuh sekitar 10-12 hari baru tuntas keseluruhannya. Karena awal Oktober sudah dikerjakan, setelah penandatanganan kontrak,” kata Syaifudin Zuhri, staff PPKom Disperindag Kabupaten Pasuruan.

Disinggung pemenang lelangnya, saat ini dalam proses di Badan Layanan Pengadaan (BLP) Kabupaten Pasuruan imbuhnya. “Proyek ini alokasi dananya dari APBN dan nilainya sekitar Rp 6 miliar. Pemenang lelangnya CV dari Probolinggo, maksimal akhir Desember harus sudah tuntas,” tegasnya. (zal/fun)