20 Hari Bebas, Residivis Curanmor asal Leces Diciduk Polisi

RESIDIVIS: Kanit Intel Polsek Dringu Aiptu Sophan Hadi (kanan) meminta keterangan Heli Susanto alias Eko Basuki di Mapolsek Dringu. (Foto: Polsek Dringu for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

DRINGU, Radar Bromo – Baru 20 hari Heli Susanto alias Eko Basuki, 36, keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Probolinggo. Kini dia harus kembali berurusan dengan polisi karena kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Minggu (22/9), warga Dusun Pandansari, Desa Tigasan Wetan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, ini dibekuk anggota Polsek Dringu. Penangkapan dilakukan atas pengembangan kasus pencurian sepeda motor milik Yosi, warga Desa Pabean, Kecamatan Dringu, pada 2016.

Kanit Reskrim Polsek Dringu Bripka Fajar Prajawanto mengatakan, tersangka ditangkap di rumahnya sekitar pukul 21.30. kepada penyidik, tersangka mengaku mencuri sepeda motor Honda Beat bernopol N 6105 QY. “Ini merupakan hasil pengembangan kasus, kemudian mengarah pada pelaku yang saat ini kami tangkap,” ujarnya.

Saat itu tersangka beraksi bersama dua rekannya. Masing-masing berinisial MN, warga Kecamatan Sumberasih dan JK, warga Kabupaten Jember. Barang hasil curiannya dijual kepada warga di Jember, berinisial AR. “Ke tiga pelaku lainnya masih kami cari,” ujar Fajar.

Fajar mengatakan, tersangka ini merupakan seorang residivis. Dia sudah empat kali masuk penjara. Sebelumnya, pada 2005, tersangka pernah mencuri kabel telepon dan dipenjara selama 4 bulan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kraksaan.

Pada 2008, tersangka mencuri hewan dan dipidana selama setahun di Rutan Kraksaan. Pada 2012, tersangka terlibat peredaran uang palsu dan dihukum selama setahun 4 bulan di Lapas Probolinggo. Pada 2017, tersangka dibekuk karena kasus curanmor. Kemudian, dipenjara di Lapas Probolinggo selama 3 tahun.

Nah, 20 hari setelah keluar Lapas, tersangka kembali dibekuk anggota Polsek Dringu. Dia disangka melanggar pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. “Ini sudah yang kali kelima pelaku tertangkap. Dalam penangkapannya pun tidak ada perlawanan darinya,” ujarnya. (ar/rud/fun)