Pembunuh Sales Motor Diduga Ada 5-7 Pelaku

DEMI PENYIDIKAN: Makam Ribut Setiawan di yang dibongkar untuk kepentingan penyidikan, Sabtu 21/9) pagi. Inset: Ribut Setiawan semasa hidup. (Foto: Muhamad Busthomi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PRIGEN, Radar Bromo – Petugas kepolisian bekerja keras untuk mengungkap terduga pelaku pembunuhan terhadap Ribut Setiawan, 32. Hasilnya, mulai ada titik terang dalam kasus ini. Diduga, sales marketing di sebuah diler motor itu dibunuh oleh 5-7 orang.

Dugaan ini disimpulkan setelah petugas memeriksa sejumlah saksi. Mulai saksi yang melihat keberadaan korban sebelum ditemukan jadi mayat, juga saksi di tempat mayat ditemukan kali pertama.

Kasus itu sendiri, tidak hanya ditangani Polsek Kejayan dan Polres Pasuruan. Namun, juga melibatkan tim Jatanras, Direskrimum Polda Jatim. Tim gabungan ini terus melakukan lidik untuk mengetahui penyebab tewasnya korban yang diduga dibunuh itu.

“Kasus tewasnya sales marketing diler motor ini, juga menjadi atensi kami di Polda Jatim. Oleh sebab itu, kami juga turun ke lapangan melakukan lidik,” terang Iptu Fauzi dari tim Jatanras Direskrimsus Polda Jatim.

Saat ini, menurutnya, pihaknya sudah memeriksa sejumlah saksi. Berdasarkan pemeriksaan dan keterangan para saksi itu, korban Ribut Setiawan diduga dibunuh.

Petugas menduga, pelaku pembunuhan lebih dari satu orang. Total pelaku diduga sekitar 5-7 orang. Baik pelaku utama, juga pelaku yang turut membantu.

Iptu Fauzi menjelaskan, ada saksi yang melihat korban terakhir kalinya. Saksi ini melihat korban dijemput oleh sejumlah orang dengan sebuah mobil di Desa Durensewu, Kecamatan Pandaan.

Karena dijemput, korban lantas ikut mobil berjenis station wagon itu. Peristiwa ini terjadi Minggu (15/9) sekitar pukul 20.00.

Lalu Senin (16/9) pagi atau keesokan harinya, korban ditemukan jadi mayat di hutan jati, Dusun Rawi Barat, Desa Ambil-Ambil, Kecamatan Kejayan.

MASIH MISTERI: Jenazah Ribut Setiawan saat ditemukan di Desa Ambal-ambil, Kejayan. (Foto: Muhamad Busthomi/Jawa Pos Radar Bromo)

“Diperkirakan, eksekusi korban dilakukan para pelaku antara Minggu pukul 20.00 hingga tengah malam. Adapun motifnya mengarah kuat terkait gadai motor,” ungkapnya.

Saat ini, menurutnya, petugas sedang fokus untuk mengejar para terduga pelaku. “Sekarang kami fokus untuk menangkap para terduga pelaku,” lanjutnya.

Kanit Pidum Satreskrim Polres Pasuruan Ipda Mariana membenarkan keterlibatan tim Jatanras Polda Jatim dalam kasus ini. Menurutnya, tim saat ini tengah bekerja keras memecahkan kasus ini.

Mariana menyebut, petugas sudah menemukan motor yang dipakai korban terakhir kali. Motor itu saat ini sudah diamankan di Mapolres Pasuruan.

“Kami sudah menemukan motor korban dan saat ini diamankan di mapolres. Dari Polres Pasuruan, di-handle langsung tim Buser Timur,” ujarnya.

Sebagai informasi, Ribut Setiawan, 32, ditemukan jadi mayat di hutan Jati, Dusun Rawi Barat, Desa Ambal-Ambil, Kecamatan Kejayan. Warga Dusun Gamoh, Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen itu ditemukan Senin (16/9) oleh dua pegawai PTPN XII yang sedang patroli.

Saat ditemukan, posisi tangan dan kaki korban terikat. Di tubuh korban juga ditemukan sejumlah luka lebam. Karena itu, korban diduga merupakan korban pembunuhan.

Untuk mengetahui waktu kematian dan penyebab kematian korban, Sabtu (21/9), makam korban dibongkar. Tubuh korban lantas diotopsi di lokasi makam. (zal/hn/fun)