Sudah Setengah Tahun Polindes di Andungbiru Tak Punya Tenaga Kesehatan

TIRIS, Radar Bromo – Warga Desa Andungbiru, Kecamatan Tiris harus sedikit bersabar. Pasalnya, sampai dengan saat ini Polindes yang berada di Dusun Kedaton, belum memiliki tenaga kesehatan.

Alhasil, warga yang ingin berobat, harus mencari tempat medis lain. Warga pun harus menempuh jarak 9 kilometer dengan waktu tempuh 40 menit menuju Puskesmas Kecamatan Tiris untuk memperoleh fasilitas kesehatan yang memadai.

Hal ini diungkapkan Agus Subianto, warga Desa Andungbiru. Dia mengeluhkan pemenuhan fasilitas kesehatan sedikit terganggu karena selama enam bulan terakhir Polindes yang ada belum memiliki tenaga kesehatan. “Memang sampai dengan saat ini belum ada tenaga kesehatan baik bidan atau lainnya yang memfasilitasi warga, ketika sedang sakit dan ingin berobat,” ujarnya.

Untuk menuju Puskesmas Tiris, bukan hanya membutuhkan waktu. Warga juga harus melewati jalan yang sedikit rusak ini. Hal ini sangat riskan terutama bagi wanita hamil yang notabene membutuhkan pertolongan medis yang cepat. Dengan jarak yang cukup jauh, dikhawatirkan angka kematian bagi wanita hamil menjadi meningkat.

“Jika alasan untuk menempati Polindes karena takut, bisa menyewa rumah warga desa yang penting ada tenaga medis di desa kami,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, Anang Budi Yoelijanto mengatakan bahwa tenaga medis untuk Desa Andungbiru sudah diusulkan. Saat ini masih sedang diproses.

“Sudah kami usulkan, kami pastikan secepatnya polindes akan terisi tenaga medis. Informasinya, SK sudah turun nanti akan kami pastikan lagi. Pelayanan kesehatan harus dinikmati semua kalangan karena merupakan hal yang paling utama,” ujarnya. (ar/fun)