Perbaikan Jalan K.H. Mas Mansyur Dikebut, Saat Ini sudah 47 Persen

DIKERUK: Sejumlah pengendara melintas di Jalan K.H. Mas Mansyur, Kota Pasuruan, yang tengah diperbaiki. Sampai Rabu (18/9), perbaikannya sudah mencapai 47 persen. (Foto: M. Busthomi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PURWOREJO, Radar Bromo – Perbaikan Jalan K.H. Mas Mansyur di Kelurahan Tembokrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, terus dikebut. Sampai Rabu (18/9), perbaikan jalan sepanjang sekitar 1,5 kilometer ini hampir mencapai separo.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kota Pasuruan Akung Novajanto mengatakan, perbaikan jalan yang rusak sejak setahun lalu itu dimulai dari titik terparah. Yaitu, di ruas jalan di depan SMPN 8 Kota Pasuruan. Di ruas ini, ada sekitar 400 meter jalan yang rusak parah. Karenanya, lapisan aspal yang rusak dan bergelombang dibongkar dan dikeruk.

Dari Pantauan Jawa Pos Radar Bromo, perbaikan jalan telah mencapai Simpang Empat Tembokrejo. Akung mengatakan, perbaikan dilakukan dengan cara rekondisi jalan. Artinya, tidak hanya mengaspal jalan. Tapi, juga mengganti struktur lapisan aspal jalan. “Dengan begitu, diharapkan kondisi jalan ke depannya menjadi lebih terawat,” ujarnya.

Akung mengaku optimistis pekerjaan konstruksi jalan ini bisa selesai sesuai target. Pihaknya menargetkan, perbaikan yang dimulai sejak awal Agustus itu, bisa rampung pada November mendatang. Sebab, progres perbaikan jalan dengan anggaran sekitar Rp 4 miliar dari DAK 2019 ini telah melampaui target.

Menurut Akung, pihaknya mencatat progres pekerjaan selama sebulan pertama mencapai 47 persen. “Pelaksanaannya sudah memcapai 47 persen, sedangkan yang direncanakan mencapai 27 persen. Artinya, sudah melampaui,” ujarnya.

Pihaknya berharap, perbaikan jalan ini dapat menjawab keresahan masyarakat selama ini. Terutama para pengguna jalan yang menghubungkan Kota Pasuruan dengan Kabupaten Pasuruan serta jalan lingkar selatan ini. “Kami berharap akhir tahun nanti kondisi jalan sudah baik dan pengguna jalan yang melintas di sana merasakan manfaatnya,” ujarnya. (tom/hn/fun)