Nih Dia Pemenang IKM Award Kota Probolinggo 2019

THE CHAMPION: Para pemenang IKM kategori perintis usai mendapat trofi dan hadiah berpose bareng ketua TP PKK Aminah Hadi Zainal Abidin (4 dari kiri); Pj Sekda Achmad Sudianto (dua dari kiri) dan kepala DKUPP Gatot Wahyudi (tiga dari kanan). (Foto: Zainal Arifin/Radar Bromo)

Related Post

KANIGARAN, Radar Bromo – Gelaran Industri Kecil Menengah (IKM) Award 2019 Kota Probolinggo mencapai puncaknya, Rabu (18/9). Pengumuman pemenang dari dua kategori yakni kategori Muda dan Perintis dikemas secara apik dengan penuh kemeriahan.

Puncak acara itu digelar di Gedung Bale Hinggil, Ruang Majapahit. Acara itu dihadiri sejumlah tamu undangan. Mulai Ketua TP PKK Aminah Hadi Zainal Abidin; Pj Sekda Kota Probolinggo Achmad Sudianto; Kabid Pengembangan Industri dan Perdagangan Disperindag Jatim Saiful Jasan; serta para juri dan 50 peserta IKM Award.

Gatot Wahyudi, kepala DKUPP Kota Probolinggo dalam sambutannya menyampaikan, sangat bangga dengan 50 peserta IKM Award dari tiap kecamatan. Menurutnya, IKM memiliki peran penting untuk menggeliatkan ekonomi daerah.

IKM Award itu sendiri digelar sebagai upaya untuk mendorong IKM terus berinovasi. “Ini adalah salah satu bentuk senergi kita dalam memajukan perindustrian di Kota Probolinggo,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Gatot juga mengapresiasi jalannya acara yang berjalan sukses. Mulai tahap sosialisasi, presentasi, kunjung lapangan, hingga awarding. Ia mengaku langkah menggandeng Jawa Pos Radar Bromo sebagai mitra untuk menggelar event itu merupakan langkah yang tepat. “Kalau yang digandeng Pak Sekda mungkin tidak akan semeriah ini,” celetuknya sambil tersenyum yang disambut gerr seluruh undangan.

JUARA: Para pemenang kategori muda saat menerima trofi dari ketua TP PKK dan ketua Dekranasda. (Foto: Zainal Arifin/Radar Bromo)

Sementara perwakilan Pemprov Jatim Saiful Jasan pun mengaku bangga dengan digelarnya IKM Award di Kota Probolinggo. “Acara seperti ini sangat jarang dilakukan di daerah lain dan belum tentu juga daerah lain mengedepankan IKM mereka,” ujarnya.

Saiful Jasan pun berpesan agar IKM di Kota Probolinggo harus bisa bersaing menghadapi persaingan pasar dan produksi. Selain itu, langkah yang dilakukan oleh pemerintah kota sudah sangat tepat. “Dengan bentuk mengapresiasi IKM, maka selayaknya IKM Kota Probolinggo harus bisa menambah lagi kualitas yang dimiliki,” ujarnya.

Apresiasi juga diucapkan Pj Sekda Achmad Sudianto. Ia pun meminta program seperti itu bisa kembali diagendakan tahun depan. “Sebelum Pak Gatot masuk pensiun, kalau bisa lebih meriah lagi,” tantang Sudi membalas joke yang dilontarkan Gatot saat sambutan sebelumnya sambil tersenyum, yang lagi-lagi disambut gerr undangan.

Puncak acara sendiri ditandai dengan sajian road to champion yang diputar lewat layar videotron jumbo. Sajian road to champion itu jadi hiburan tersendiri undangan.

Sebab, selain merekam tiap momen digelarnya IKM Award 2019, juga ada beberapa momen lucu dan adu jingle dan pantun dari 10 besar peserta. Saat menampilkan 10 nominasi, tiap peserta 10 besar pun juga banyak dapat aplaus dari undangan yang datang.

Lewat video pendek juga, diumumkan para pemenang dari dua kategori yang ada. Para peserta pun diminta maju untuk menerima trofi dan sejumlah hadiah dari para pejabat (daftar para pemenang lihat infografis).

Ditemui usai acara, raut kebahagiaan tampak terpancar jelas dari Oktavia Kusuma Ningsih sang owner IKM Pradipya Jaya Food yang ditetapkan sebagai juara satu kategori Muda. “Sangat senang, apa lagi peserta lain semuanya saling mendukung. Seperti tadi (kemarin), teman-teman juga mengucapkan selamat kepada saya,” ujarnya.

Menurutnya, ajang IKM Award cukup penting. Selain memotivasi IKM agar terus berinovasi, juga jadi penyemangat IKM. “Semoga penghargaan ini bisa terus memotivasi saya agar terus maju dan bertahan menjadi IKM yang sejati dan maju,” harapnya. (mg1/mie)