Hampir 2 Ha Lahan Tebu di Ketapang Terbakar, Warga Panik

KADEMANGAN, Radar Bromo – Api melalap lahan tebu seluas sekitar 2 hektare di Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Selasa (17/9) malam. Meski tidak ada korban jiwa, kobaran api itu membuat warga sekitar waswas.

Sejumlah warga khawatir api merembet ke permukiman warga. Maklum, lokasi lahan tebu ini hanya berjarak sekitar 60 meter dari perumahan mereka. Salah satu warga Perumahan Pilang, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Dewi, 50, mengatakan lahan tebu yang terbakar itu masuk Kelurahan Ketapang. Namun, ia mengaku tidak tahu siapa pemiliknya. “Diperkirakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 19.00. Sebab, Magrib saya keluar masih belum terbakar,” ujarnya.

Dewi mengaku, keluar rumah setelah mendengar ada suara seperti kayu terbakar dan teriakan sejumlah anak-anak. Ternyata, lahan tebu seluas sekitar 2 hektare itu dilalap api. “Sebagian sudah dipanen. Saya lihat ada truk yang mengangkut tebunya. Mungkin itu sisanya,” ujarnya.

Adanya kebakaran ini juga langsung disampaikan ke petugas pemadam kebakaran (damkar) Kota Probolinggo. Malam itu, mereka menurunkan dua unit mobil damkar dan kesulitan menjangkau lokasi. Sebab, lokasinya berada di tengah persawahan.

“Ada tiga mobil yang satu balik. Yang dua masih bingung cari jalan. Dengan kebakaran seperti ini, total kami libatkan tiga mobil damkar,” ujar salah seorang petugas damkar yang enggan namanya disebutkan.

Sedangkan, kepaal Satpol PP Kota Probolinggo Agus Efendi mengatakna, karena kondisi kebakaran yang sulit dijangkau damkar, maka pemadaman dilakukan dengan cara ditepuk dengan dedaunan. Ada sekitar 8 orang lebih. Api bisa dipadamkan sekitar pukul 21.30,” ujarnya.

Selain petugas damkar, anggota Polsek Kademangan juga merapat ke lokasi kejadian. Namun, mereka belum bisa memastikan penyebabnya. “Kami belum tahu. Kami dapat laporan ada kebakaran, setelah kami cek rupanya lahan tebu,” ujar salah satu anggota Polsek Kademangan dan meminta Jawa Pos Radar Bromo mengkonfirmasi langsung Kapolsek Kademangan Kompol Toyib Subur.

Namun, sampai tadi malam Toyib Subur belum berhasil dikonfirmasi. Didatangi ke kantornya, kemarin yang bersangkutan tidak di tempat. Sedangkan, dihubungi melalui sambungan telepon dan pesan singkat, tidak merespons. (rpd/rud)