Perbaikan Kios Pasar Winongan Ditarget Rampung Akhir Bulan Ini

WINONGAN, Radar Bromo – Proyek perbaikan terhadap belasan kios di Pasar Winongan, Kabupaten Pasuruan, terus dikebut. Perbaikan belasan kios yang rusak karena bencana kebakaran pada Jumat (5/7), itu ditarget rampung akhir bulan ini dan bisa segera ditempati.

Kepala UPT Pasar Winongan Subari mengatakan, setelah mengalami kebakaran pada Juli lalu, pedagang yang kiosnya hangus, berjualan di sekitar lapaknya yang terbakar. Dengan swadaya mereka tetap berdagang sambil menunggu kiosnya diperbaiki oleh Disperindag Kabupaten Pasuruan.

“Dari pedagang sementara ini tetap berjualan di sekitar lokasi tempat kebakaran. Sambil menunggu kios-kios yang direhab selesai,” ujarnya. Dari data UPT Pasar Winongan, ada 19 pedagang yang kios dan lapaknya terbakar. Selama ini mereka berharap kios dan lapaknya segera diperbaiki. Sehingga, aktivitas perdagangan bisa kembali normal seperti sedia kala.

Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan Edy Suwanto mengatakan, pihaknya memang berusaha untuk segera memperbaiki kios dan los yang terbakar. Karenanya, perbaikannya sudah dimulai sejak bulan kemarin. “Agar pedagang bisa segera menempati kios yang baru,” ujarnya.

Namun, perbaikan ini hanya berupa bangunan semi permanen berbahan kayu. Menurutnya, yang terpenting segera diperbaiki agar pedagang korban kebakaran itu bisa segera memiliki kios baru dan bisa berjualan lagi dengan normal.

Perbaikan belasan kios dan los ini dialokasikan Rp 190 juta. Anggaran itu bersumber dari ABPD Kabupaten Pasuruan. “Sampai saat ini (17/9), progres pembangunan mencapai 75 persen. Kami targetkan akhir September ini bisa selesai agar bisa segera ditempati oleh pedagang,” ujarnya. (eka/rud/fun)