Revitalisasi Pasar Nguling Capai 50 Persen, Harus Selesai November

NGULING, Radar Bromo – Tahun ini pengerjaan revitalisasi Pasar Nguling dilanjutkan. Sampai pertengahan September ini pengerjaan sudah mencapai separo. Ditargetkan pengerjaan selesai November mendatang.

Edy Suwanto, kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan mengatakan, pengerjaan revitalisasi tahun ini melanjutkan proses finishing tahun lalu. “Untuk tahun ini pengerjaannya melanjutkan finishing tahun lalu,” terangnya.

Revitalisasi di Pasar Nguling ini dilakukan pada kios Pasar Buah. Pengerjaan dilakukan sejak Juli, setelah proses tender usai.

Pada tahun 2018, revitalisasi dianggarkan Rp 2,8 miliar untuk pembangunan 52 kios. Tahun ini anggarannya Rp 1,47 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat.

Untuk tahun ini, pengerjaan finishing terdiri atas beberapa macam. Mulai pengecatan, pemasangan rolling door di 52 kios, dan Aluminium Composit Panel (ACP) sebagai penghias gedung.

Lalu, pembangunan tempat makan sebanyak 15 kios yang lokasinya di timur gedung baru. Tujuannya, sebagai pelengkap penunjang karena ada titik keramaian di gedung yang direvitalisasi.

“Saat ini pengerjaan finishing revitalisasi sudah mencapai separo. Targetnya bulan November mendatang sudah selesai,” terangnya.

Revitalisasi Pasar Nguling sendiri dilakukan agar kondisi pasar lebih tertata dan representatif. Sebelumnya, kios buah di Pasar Nguling berupa lapak seadanya dari kayu. (eka/hn/fun)