Agustus-September Ada 1.200 Pengunjung di Air Terjun Madakaripura

TETAP MENARIK: Sejumlah wisatawan berkunjung ke Air Terjun Madakaripura, beberapa waktu lalu. Selama Agustus-September 2019, wisata alam ini banyak dikunjungi wisman. (Jawa Pos Radar Bromo Photo)

Related Post

LUMBANG, Radar Bromo – Selain Gunung Bromo, tujuan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kabupaten Probolinggo, juga ke Madakaripura di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang. Pada puncak kunjungan wisman tahun ini, mereka membanjiri lokasi Air Terjun Madakaripura.

Pada Agustus-September 2019, tercatat ada sekitar 1.200 wisman yang mendatangi air terjun tempat muksanya Patih Gajah Mada itu. Para wisatawan ini biasanya mampir ke Madakaripura setelah berlibur ke Gunung Bromo.

Kasi Destinasi Wisata Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Dispora Parbud) Kabupaten Probolinggo Musa mengatakan, wisatawan yang ke Madakaripura, wisatawan yang melepas penat usai dari Gunung Bromo. “Jadi, memang buangan dari Bromo. Tapi, tidak semuanya. Sebagian memang ingin menikmati indahnya wisata Air Terjun Madakaripura,” ujarnya.

Selama Agustus-September merupakan liburan bagi warga Eropa. Karenanya, banyak yang berlibur. Termasuk ke Kabupaten Probolinggo. Musa mengatakan, puncak liburan wisman jatuh pada bulan ini. Mereka biasanya mencari tempat indah dan nyaman untuk berlibur. Karena itu, banyak yang datang ke Madakaripura. “Memang sekarang ini puncaknya untuk kunjungan di Madakaripura. Setelah September pertengahan ini sudah berkurang,” ujarnya.

Selain dari Eropa, wisman yang berkunjung ke Air Terjun Madakaripusa juga berasal dari Amerika dan Australia. Namun, paling banyak dari Eropa. “Agustus lalu full berasal dari Eropa,” ujarnya.

Salah seorang penyedia jasa wisata di Air Terjun Madakaripura, Arif membenarkan jika Air Terjun Madakaripura ramai dikunjungi wisman. Kebanyakan mereka masuk dalam paketan tour. “Kebanyakan yang datang memang sudah masuk satu paket tour Indonesia. Sebelum ke Madakaripura, mereka lebih dulu ke Jogjakarta, Bromo, dan terakhir ke Bali,” ujarnya. (sid/rud)