Revitalisasi Pasar Ngempit di Kraton Masih 35 Persen

PUSAT PEREKONOMIAN: Pasar Ngempit, Desa Sidogiri, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, terlihat ramai. Tahun ini, pasar ini direvitalisasi. (Foto: Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KRATON, Radar Bromo – Proyek revitalisasi Pasar Ngempit, di Desa Sidogiri, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, terus dilakukan. Sejauh ini, pengerjaannya telah mencapai 35 persen. Proyek ini ditarget rampung pada November mendatang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan Edy Suwanto mengatakan, revitalisasi Pasar Ngempit, tahun ini bertujuan menata dan membenahi kios di bagian tengah pasar. “Bangunan kios dan los yang lama masih kurang tertata rapi. Tahun ini kami bangun yang baru agar lebih terlibat bersih dan rapi,” ujarnya.

Sebelumnya, kios dan los di bagian tengah Pasar Ngempit, belum seragam. Ketika hujan juga sering becek, sehingga membuat pembeli dan pedagang tidak nyaman. Karenanya, tahun ini Pemkab Pasuruan mengalokasikan Rp 3,5 miliar dari ABPD untuk memperbaikinya. Ada sekitar 100 kios dan los yang akan ditata ulang.

Proyek ini sudah dikerjakan sejak Juli lalu. Setelah bangunan lama dibongkar, kini dibangun kios dan los baru. “Ada sekitar 100 pedagang yang dipindah sementara. Mereka dipindah ke area sekitar pasar, baik di area depan dan belakang pasar,” ujar Edy.

Meski sejauh ini pembangunannya baru mencapai 35 persen, Edy mengaku optimistis pengerjaannya bisa selesai tepat waktu. Jika sudah selesai, pada akhir tahun bisa langsung ditempati oleh pedagang. Dengan kondisi pasar yang lebih representatif, diharapkan dapat semakin meningkatkan kegiatan perekonomian warga. (eka/fun)