Bulog Pastikan Stok Beras Aman selama Kemarau

LENGANG: Seorang Satpam Gudang Bulog, di Desa Klaseman, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (14/9). Bulog memastikan sejauh ini stok beras aman. (Agus Faiz Musleh/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KANIGARAN, Radar Bromo – Musim kemarau yang berlangsung sejak Juli 2019, tidak mempengaruhi stok beras di Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre Probolinggo. Sejauh ini stok beras masih melimpah. Bahkan, diprediksi masih bisa mencukupi sampai tahun depan.

Kasi Operasional Bulog Sub Divre Probolinggo Nugroho mengatakan, kebutuhan beras di daerah Probolinggo, setiap bulannya sekitar 3.000 ton. Sedangkan, stok beras di gudangnya sampai Sabtu (14/9), ada sekitar 19.200 ton. Pihaknya memperkirakan stok ini dapat mencukupi kebutuhan beras di daerah Probolinggo. “Masih melimpah, bahkan masih bisa digunakan hingga 8 bulan ke depan,” ujarnya.

Ribuan ton beras itu disimpan di sejumlah gudang milik Bulog. Di antaranya di gudang pertama di Jalan K.H. Hasan Genggong, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Di sana terdapat 4.700 ton beras medium dan 4.100 ton beras premium.

Kedua, di Gudang Klaseman, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo. Di sana ada 4.200 ton beras medium dan 3.200 beras premium. Ada juga 2.700 ton beras medium dan 300 ton beras premium, yang disimpan di gudang bulog di Jalan K.H. Hasan Genggong, di Kelurahan Kedungasem, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo.

Melihat banyaknya stok itu, Nugroho memastikan persediaan beras untuk daerah Probolinggo, aman. Ia mengaku juga tidak membatasi pengadaan beras. Namun, memasuki kemarau, pengadaan barang menurun. Sebab, banyak mitranya yang mengirimkan beras. “Kalau seperti sekarang sedikit barang yang masuk. Mungkin karena harga yang ada di pasaran lebih tinggi dari harga yang kami tawarkan,” ujarnya.

Ia mengatakan, harga beras medium dihargai Rp 8.100 per kilogram dan Rp 8.500 untuk beras premium. Sedangkan, bulan ini Nugroho mengaku sudah mengadakan barang sekitar 1.300 ton beras medium dan 500 ton beras premium. (mg1/fun)