Pelaku IKM Dilatih Juri sebelum Presentasi ke Wali Kota

KADEMANGAN, Radar Bromo – Tim juri IKM Award telah memilih 10 Industri Kecil Menengah (IKM) untuk masuk dalam tahapan presentasi dengan Wali Kota Probolinggo. Jumat (13/9), 10 IKM mendapat pembekalan dari juri mengenai persiapan untuk melakukan pemaparan IKM di hadapan Wali Kota.

Ismail Panji, juri IKM Award menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang disampaikan dalam pembekalan bagi 10 IKM yang masuk dalam tahapan presentasi dengan Wali Kota.“Seperti penyusunan materi power point yang disampaikan apa saja. Seperti identitas IKM, kemudian perlu juga ditampilkan perizinan yang dimiliki IKM,” ujarnya.

Selain itu, materi yang ditampilkan di dalam power point adalah materi yang pokok. Hal yang penting dalam IKM-nya. “Seperti tren penjualan yang ditampilkan dalam grafis agar menarik dan mudah dibaca,” tambahnya.

Selain mengenai materi dalam presentasi, akademisi dari Universitas Pancamarga ini menjelaskan tentang aspek penampilan saat presentasi. Bagaimana menghadapi audiens serta berbicara di depan umum. “Ketika presentasi hendaknya tidak membelakangi audiens, mengambil napas saat menyampaikan materi, serta tidak lupa intonasi saat berbicara,” ujarnya.

Selain itu, ada beberapa tips penting yang harus dipahami oleh IKM agar ketika presentasi dilakukan tidak membingungkan atau menganggu audiens. “Seperti tidak mengoyang-goyangkan pointer. Hal ini cukup mengganggu bagi audiens,” ujarnya. (put/fun)