Atur Ulang Timer TL Simpang 4 Taman Dayu untuk Cegah Kemacetan

PANDAAN, Radar Bromo – PT Jasamarga Pandaan Tol (JPT) mengatur ulang timer traffic light (TL) di simpang empat Taman Dayu. Pengaturan ulang timer TL itu dilakukan bersamaan dengan beroperasinya tol Pandaan-Malang yang terkoneksi dengan tol Gempol-Pandaan.

Manajer Aset dan Lalin PT JPT Sumantri menjelaskan, pengaturan ulang timer TL itu dilakukan untuk meminimalisasi penumpukan kendaraan. “Sekarang kan untuk ruas jalan di akses jelang simpang empat Taman Dayu sudah tidak sepadat dan semacet dulu. Sebab, tol Gempol–Pandaan sudah terkoneksi langsung dengan Tol Pandaan–Malang. Jadi, kami atur ulang timer untuk TL-nya,” ujar Sumantri.

Untuk perubahan timer TL-nya, pihaknya mendatangkan teknisi dari Surabaya. Jika sebelumnya ruas jalan dari arah Malang ke Kota Pandaan atau masuk tol via gerbang Tol Pandaan lampu hijaunya nyala hingga 120 detik, sekarang diubah menjadi hanya 60 detik.

Sebaliknya, dari ruas jalan Bypass Pandaan mau masuk tol dan ke arah Malang. Lalu, dari arah pusat Kota Pandaan ke Malang dan belok Bypass. Serta keluar dari gerbang tol nyebrang ke Kota Pandaan dan ke jalan Bypass Pandaan, kini lampu hijaunya menyala sedikit lebih lama dibandingkan sebelumnya.

“Sengaja ini kami tempuh agar pengaturan lalinnya lebih enak serta tepat. Sebab, timer TL-nya sangat memengaruhi. Selain itu, juga menindaklanjuti masukan dari Satlantas Polres Pasuruan dan Dishub Kabupaten Pasuruan,” jelas Sumantri. (zal/mie)