TL di Simpang Empat Jetak Di-Flashing, Arus Semrawut

PANDAAN, Radar BromoTraffic Light (TL) simpang empat Jetak, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, selama ini hanya di-flashing.  Kondisi itu pun kerap disoroti pengguna jalan.

Sebab, dengan hanya dinyalakan flashing, arus lalu lintas di kawasan setempat jadi semrawut. Hal itu seperti yang terpantau Jawa Pos Radar Bromo kemarin pagi, arus lalin di simpang empat Jetak kurang tertata. Sebab, banyak pengguna jalan yang enggan mengalah.

“Dulu sebelum beroperasinya tol Mapan (Malang-Pandaan), tak masalah dan wajar jika di-flashing. Tapi sekarang, kan sudah tidak macet lagi dan tol Mapan sudah beroperasi. Mestinya, TL-nya di simpang empat ini dioperasikan normal juga,” ungkap Harsono, 36, salah satu pengguna jalan.

Agar tak semrawut arus lalu lintasnya, terutama di jam-jam tertentu, idealnya memang di kawasan setempat TL-nya kembali difungsikan normal. “Harapannya, agar lebih tertib. Serta, meminimalisasi terjadinya kecelakaan lalu lintas,” tuturnya.

Dikonfirmasi terpisah, Susetyo Dimas, kasi Manajemen Rekayasa Bidang Lalin pada Dishub setempat mengaku,

TL yang ada saat ini di-flashing karena dalam proses perbaikan.          Sebab, beberapa pekan lalu kondisi TL setempat tertabrak truk. “Flashing atau tidaknya sifatnya tentatif. Tergantung kondisi dan situasi di lapangan. Selain itu, kami juga koordinasi dengan pihak Satlantas,” jelasnya. (zal/mie)