Jalan Mastrip Bakal Dipasang Kanstin, Survei dan Ukur Dulu sebelum Dilaksanakan

PROBOLINGGO, Radar Bromo– Sejumlah titik jalan di Kota Probolinggo, berencana diberi pembatas atau kanstin. Saat ini, rencana pengadaan kanstin oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Probolinnggo telah masuk pada proses pengukuran. Langkah ini sebagai awal proses pengerjaan. Rencananya, jalan sepanjang 2.068 meter akan dipasang kanstin.

Danang Kasi Pemelihaaran Umur DPUPR Bina Marga Kota Probolinggo menyebutkan, saat ini pihaknya  sedang melakukan pengukuran bersama beberapa rekan dari kontraktornya. “(Kanstin) Mulai dari bundaran di Jalan Mastrip (Gladak Serang) hingga depan kantor BPBD kota yang berada di selatan GOR Mastrip. Total keseluruhan 2068 meter,” ujarnya.

Kanstin yang akan di pasang, akan berada di 50 sentimeter dari  tepi gorong-gorong yang ada di seberang jalan. “Pemasangan kanstin akan di lakukan di kedua sisi jalan,” ujarnya.Dalam pengerjaan akan menyesuaikan tempat yang akan di pasang kanstin.

Selain itu, ia juga menjelaskan, penyesuaian pengerjaan akan dilakukan pada setiap titik yang menjadi lintasan kendaraan, atau pintu gerbang rumah warga. “Nanti, kalau yang ada di depan rumah warga, akan dilakukan belakangan,” ujarnya.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa, kanstin tersebut bertujuan untuk memberikan ruang bagi pejalan kaki, “Disamping itu juga bentuk pemeliharaan. Nantinya kanstin ini bertujuan untuk pengadaan trotoar,” ujarnya.

Danang menambahkan bahwa, dana yang  di gunakan dalam proyek ini menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU). Rencananya, pengerjaan akan dilakukan pada bulan ini. “Tinggal menunggu tanda tangan kontrak kerja dengan CV. Gunung Mas yang menjadi kontraktor. Target penyelesain sendiri akan memakan waktu 3 bulan,” ujarnya. (mg1/fun)