Gembleng Karakter Ratusan Pelajar Probolinggo lewat ESQ

MAYANGAN, Radar Bromo– Ratusan pelajar di Kota Probolinggo mendapat pembekalan pendidikan karakter. Selama dua hari mulai kemarin, mereka mengikuti Training Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dari Forum Komunikasi Alumni (FKA) ESQ Kota Probolinggo.

Harapannya, mereka tidak hanya meraih prestasi akademis yang tinggi. Namun, juga diimbangi dengan keseimbangan akhlak, iman, dan takwa. Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Probolinggo Moch. Soufis Subri saat membuka Pembekalan Pendidikan Karakter  Training ESQ di Aula Disdikpora Kota Probolinggo, kemarin.

Menurutnya, bangsa yang besar dan maju adalah bangsa yang mempunya IQ yang mumpuni. Serta, mempunyai karakter yang jelas. “Orang sukses tidak hanya didasari tingginya IQ. Namun, karena disertai spiritual dan karakternya. Bangsa Indonesia bukan krisis orang pintar, melainkan mengalami krisis moral karena gempuran teknologi,” ujarnya.

Koordinator Daerah FKA ESQ Kota Probolinggo Tjipto Santoso mengatakan, generasi milenial membutuhkan pendidikan karakter. “Menjadi pintar bukan hanya membutuhkan intelektual tinggi yang ditunjukkan dalam rapor saja. Tapi, dengan keseimbangan pendidikan karakter,” ujarnya.

Acara ini diikuti oleh ratusan pelajar SMP-SMA di Kota Probolinggo. Total ada 150 pelajar SMP dan 505 pelajar tingkat SMA. (put/rud)