Nasdem Masih Rahasiakan Pimpinan DPRD Kab Probolinggo, Golkar Tunjuk Oka jadi Pimpinan

PAJARAKAN, Radar Bromo – Komposisi pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo periode 2019-2024 lengkap. Itu setelah Rabu (12/9) partai Golkar sudah menerima rekomendasi dari DPP. Partai berlambang pohon beringin tersebut menunjuk Ketua DPD Golkar, Oka Mahendra Jati Kusuma untuk menjadi Wakil Ketua DPRD.

Sebelumnya, tiga parpol lain yang berhak menduduki kursi pimpinan dewan terlebih dulu telah menyerahkan nama. Yaitu Lukman Hakim (PKB), Jon Junaedi (Gerindra). Terakhir adalah Nasdem. Hanya saja, sampai Rabu, partai pemenang pemilu di Kabupaten Probolinggo tersebut, masih merahasiakan soal nama tentang siapa yang akan menjadi ketua DPRD.

Saat dikonfirmasi Oka – sapaan akrabnyamengatakam, dirinyalah yang direkom oleh DPP. Proses penunjukkan untuk menjadi kedua,dikatakan Oka, tidak mudah. Pihak DPP melakukan proses seleksi untuk penentuan wakil ketua itu. “Yang direkom saya. Jadi setelah melalui berbagai proses pertimbangan, dari empat nama yang diusulkan dari DPC saya yang dipilih,” katanya.

Setelah surat rekomendasi dari DPP itu turun, pihaknya langsung memberikan surat tersebut ke Sekretaris Dewan (Sekwan). Tujuannya, yaitu agar pihak pimpinan dewan seentara melakukan perisiapan pembentukan pimpinan dewan definitif. “Kami serahkan hari ini (11/9, Red). Karena memang tinggal kami saja yang menyerahkan rekomendasi yang sedikit terlambat,” katanya.

Saat ditanya perihal keterlambatan itu, Oka menjelaskan, hal itu karena prosesnya cukup panjang. Apalagi, di Kabupaten Probolinggo pelantikan dewan sedikit tertinggal dari daerah lain. ” Kami kan dilantik belakangan. Jadi proses turunnya belakangan. Dibandingkan daerah tetangga seperti Pasuruan dan Kota Probolinggo,” katanya.

Sementara itu Ketua DPD Nasdem setempat Rifa’i enggan membeberkan nama kader yang direkom untuk duduk dipucuk pimpinam. Menurutnya, hal itu akan diumumkan saat sidang paripurna penentuan pimpinan dewan definitif.

Saat disinggung perihal nama Andi Suryanto yang santer diinformasikan yang direkomendasikan partainya, dia menjawab, bisa saja nama tersebut. Tetapi, juga bisa saja Sumarmi Rasit atau bahkan Supoyo. Karena, ketiganya itulah yang diajukan kepada DPP untuk direkom menjadi pimpinan dewan.

“Ketiganya memiliki peluang. Karena itu tunggu saja diumumkan saat penetapan pimpinan definitif,” jelasnya.

Di sisi lain Slamet Riadi, Wakil Ketua DPRD sementara mengatakan, dengan telah lengkapnya rekomendasi dari empat partai pemenang, pihaknya langsung menyiapkan penetapan pimpinan definitif. Menurutnya, penetapan itu akan dilakukan pada hari ini.

“Sudah lengkap. Karena persiapannya menunggu Golkar. Insyaallah besok (hari ini) akan dilakukan penetapan,” katanya saat dihubungi. (sid/fun)