Jalan Purwodadi Sepanjang Tiga Kilometer Dicor Balai Besar

PURWODADI, Radar Bromo – Selain di Gempol dan Pandaan, rekonstruksi jalan nasional juga dilakukan di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Saat ini proses rekonstruksi masih dikerjakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII.

Jika di Gempol dan Pandaan, beberapa spot ruas jalannya di rigid atau cor dan median ditinggikan. Selain itu juga dipasang saluran air beton tepi jalan. Tapi di Purwodadi, hanya pengerasan bahu jalan saja. Yakni dicor pada sisi sebelah barat atau arah Malang ke Surabaya. Hal terebut terpantau Jawa Pos Radar Bromo saat melintas diruas jalan nasional tersebut Rabu pagi (11/9).

“Di Purwodadi tidak ada peningkatan hotmix maupun cor, karena sudah dikerjakan dalam dua tahun terakhir. Untuk sekarang hanya pengerasan bahu jalan saja dengan dicor,” tutur kaur tata usaha BBPJN VIII Surabaya Daniel Richard.

Untuk bahu jalan, lanjut Daniel Richard, di Purwodadi saat ini hanya tiga kilometer saja. Tepatnya di Desa Sentul dan Parerejo.

Pegerjaan rekontruksi pengerasan bahu jalan, sudah berjalan dalam satu pekan terakhir. Hingga kini masih berlangsung. Proses pengerjaan menggunakan alat berat juga tenaga manusia sebagai pekerjanya.

“Bahu jalannya sudah terkikis, materialnya tanahnya banyak yang tergerus air. Jadi, agar lebih aman dilintasi kendaraan, maka harus dicor,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia katakan untuk pengerasan atau pengecoran bahu jalan, menyesuaikan lebar yang ada. Sekitar 1-1,5 meter, kemudian kedalamannya sekitar 25-30 sentimeter. “Targetnya akhir bulan ini sudah tuntas pekerjaan fisik perkerasan bahu jalan di Purwodadi,” bebernya. (zal/fun)