Fix, Ada Enam Fraksi di DPRD Kota Pasuruan, Empat Mandiri dan Dua Gabungan

PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Fraksi-fraksi di DPRD Kota Pasuruan akhirnya terbentuk. Sebanyak 30 anggota dewan terbagi dalam enam fraksi. Dua fraksi di antaranya merupakan gabungan lintas partai politik atau gabungan.

Dua fraksi itu adalah Fraksi HN Perjuangan. Fraksi ini beranggotakan enam orang dari Partai Hanura, PDI Perjuangan, dan Partai Nasdem. Ke dua, Fraksi Amanat Pembangunan. Berisi tiga anggota dewan dari PAN dan PPP.

Sedangkan, empat partai politik lainnya membentuk fraksi sendiri. Di antaranya, Fraksi Kebangkitan Bangsa, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, dan Fraksi Keadilan Sejahtera. Kemarin (11/9), enam fraksi itu telah disahkan dalam rapat paripurna internal DPRD.

“Fraksi-fraksi sudah dibentuk. Ada enam, dua fraksi gabungan. Hari ini (kemarin) usulan dari masing-masing partai terkait pembentukan fraksi sudah lengkap,” ujar Ketua Sementara DPRD Kota Pasuruan Ismail Marzuki Hasan.

Fraksi Kebangkitan Bangsa diketuai oleh Abdullah Junaedi. Fraksi Golkar diketuai M. Syaifudin dan Fraksi Gerindra diketuai Sumarjono. Sedangkan, Fraksi Keadilan Sejahtera diketuai R Imam Joko Sih Nugroho. Abdul Gofur menjadi ketua Fraksi HN Perjuangan. Sementara, Fraksi Amanat Pembangunan dipimpin oleh Helmi.

Di samping itu, kata Ismail, usulan pimpinan definitif juga telah lengkap. Jika sebelumnya pimpinan definitif baru menerima usulan dari PKB, dua partai politik pemenang Pileg 2019 telah menyerahkan usulan calon pimpinan dewan. “Usulan calon pimpinan dewan dari Partai Golkar maupun Partai Hanura sudah kami terima,” ujarnya.

Politisi PKB ini menjelaskan, mekanisme penetapan pimpinan definitif harus melalui Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Timur. Karenanya, pihaknya akan menyurati Gubernur melalui Wali Kota Pasuruan guna mendapatkan SK tersebut. “Secepatnya kami tindaklanjuti. Setelah Gubernur menerbitkan SK, baru digelar pelantikan pimpinan definitif,” ujarnya. (tom/fun)