Dewan Juri IKM Award Minta IKM Serap Saran dan Kritik Konsumen

KADEMANGAN, Radar Bromo – Sesi kunjungan gelaran IKM Award 2019, kemarin memasuki hari terakhir, Rabu (11/9). Di hari terakhir itu, ada lima IKM yang dikunjungi dewan juri. Dalam kesempatan ini, dewan juri kembali menyampaikan sejumlah masukan.

Salah satunya terkait dengan penyerapan saran konsumen. Seperti disampaikan juri dari Forum CSR Sudarmanto kepada pemilik IKM UD Srikandi, Suhendra Triningrum. IKM ini memproduksi aksesori, tas, sepatu, dan pernak-pernik rumah dari bahan limbah.

Sudarmanto mengatakan, produk IKM yang berpusat di Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, ini sangat unik dan memiliki ciri khas. Namun, ada kekurang yang perlu dibenahi. Salah satunya belum adanya pengelolaan pengembangan konsumen.

Seperti, pengadaan bahan atau alat yang berfungsi untuk menyerap saran dan penilaian dari konsumen. Sudarmanto mengatakan, kritik dan saran konsumen juga sebagi acuan IKM agar bisa mengukur dan menilai hasil kinerja IKM. Selain itu, konsumen juga akan merasa nyaman.

“Konsumen itu juga butuh tempat untuk berkomentar dan saran itu untuk kebaikan kita. Kalau konsumen sudah merasa nyaman, maka tidak akan berpaling dari produk yang kita tawarkan,” ujarnya.

Selain itu, kritik dan saran konsumen juga sebagai bahan dalam pembentukan konsep pengembangan konsumen. Konsep pengembangan yang dilakukan juga akan mudah diterima oleh konsumen lainnya. “Tujuannya, memunculkan konsep pengembangan yang sesuai dengan kebiasaan konsumen,” jelasnya.

Sudarmanto juga menyampaikan hal yang sama kepada Pemilik IKM Pradipta Jaya Food, Oktavia Kusuma Ningsih. IKM asal Kelurahan/Kecamatan Kanigaran ini memproduksi Abon Baby.

Sudarmanto mengatakan, produsen dan konsumen saling berhubungan. Sehingga, untuk progres IKM dalam bidang pengembangan konsumen, butuh saran dan masukan dari konsumen. “Jangan takut untuk dikritik, karena itu bagian dari progres,” ujarnya.

Diketahui, DKUPP Kota Probolinggo bersama Jawa Pos Radar Bromo menggelar IKM Award 2019. Event ini diikuti oleh 50 peserta. Setelah melalui tahap presentasi, akhirnya ditetapkan 20 nominasi. Mereka masuk ke tahap berikutnya dan mendapat kunjungan dari juri untuk disaring menjadi 10 besar. Masing-masing 5 besar untuk kategori muda dan kategori perintis. (mg1/rud)