Bukit Bentar Paling Rawan Kebakaran saat Musim Kemarau

GENDING, Radar Bromo – Beberapa lahan milik Perhutani mengering saat musim kemarau. Kekeringan yang terjadi ini mengakibatkan lahan tersebut berpotensi kebakaran. Baik kebakaran yang disengaja maupun karena kecerobohan masyarakat. Dan diantara beberapa titik milik Perhutani, bukit Bentar menjadi daerah paling rawan terjadinya kebakaran yang berada di Kabupaten Probolinggo.

Hal ini diungkapkan staf Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Perhutani Probolinggo Supriyono. Menurut dia, bukit Bentar memang sering terjadi kebakaran. Sebab bukit Bentar bentar posisinya berada dekat jalan raya. Akses yang mudah membuat masyarakat yang hendak melakukan pembakaran dapat leluasa melakukan aksinya.

“Khusus di Kabupaten Probolinggo, lahan Perhutani yang sangat berpotensi memang bukit Bentar. Ada beberapa kali kebakaran kecil terjadi karena faktor kesengajaan,” ujarnya.

Menurutnya, kebakaran tersebut dilakukan secara sengaja oleh warga sekitar yang akan mencari kayu bakar. Hampir setiap tahun bukit bentar selalu mengalami kebakaran.

Sementara itu Humas Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Perhutani Probolinggo Tumin mengatakan sebenarnya potensi kebakaran lahan tak hanya di bukit Bentar saja. Potensi kebakaran bisa terjadi di lahan milik perhutani yang sedang kekeringan. “Kebakaran juga terjadi di Gading dan Wonokerso terdampak musim kemarau, namun tidak parah seperti Bukit Bentar,” ujarnya. (ar/fun)