Tunda Pemasangan Lampu Penerangan dan Pavingisasi Sebagian Jalan di Terminal Pandaan

BELUM SEMUA: Jalan yang belum terpaving di ruko Terminal Pandaan. Selain pavingisasi di sisa jalan, rencana pemasangan lampu penerangan juga harus ditunda. (Foto: Rizal F. Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PANDAAN, Radar Bromo – Rehab fasilitas di terminal ruko Pandaan saat ini baru pemasangan paving. Adapun pavingisasi di aset milik Pemkab Pasuruan tersebut, masih belum tuntas. Masih tersisa sekitar panjang 30 meter dan lebar 6,8 meter yang belum tergarap.

Sehingga tampak saat melintas diruas jalan ruko tersebut, masih belum sepenuhnya terpasang paving. Sebaliknya sekitar 30 meter masih berupa makadam, di tengah-tengah jalan antara sisi timur dan barat.

Untuk pekerjaan pavingisasi sisa jalan yang masih berupa makadam ini, urung ditempuh di tahun ini. Sebaliknya ditunda pada tahun depan. Termasuk dengan rencana pemasangan penerangan jalan yang rencana awalnya hanya sekitar 4-5 titik, di sepanjang jalan ruko ini.

Hal ini dibenarkan staf PPKom Disperindag Kabupaten Pasuruan Syaifudin Zuhri. “Untuk sisa paving yang belum berikut dengan pemasangan lampu penerangannya, mustahil dan sulit direalisasikan tahun ini juga. Kemungkinan besar ditunda dan direalisasikan lagi di tahun depan,” jelasnya saat dihubungi Jawa Pos Radar Bromo via telepon, Selasa (10/9).

Terkait penundaan sisa paving yang belum dan pemasangan penerangan jalan, dia sebutkan, ini disebabkan sejumlah faktor. Di antaranya keterbatasan anggaran. Kemudian belum didok disahkannya PAPBD.

Mengingat untuk pendanaannya di lapangan, ia sebutkan dibiayai sepenuhnya dari APBD kabupaten ini. Bukan Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun APBN.

“Kami tidak bisa terlalu memaksakan dan juga ngotot. Kalau tahun ini tidak bisa, ya diusulkan lagi untuk dikerjakan pada tahun depan,” bebernya. (zal/fun)