Minim Papan Petunjuk Lokasi ke Museum Kabupaten Pasuruan

LOKASI STRATEGIS: Museum Kabupaten Pasuruan yang berlokasi di sekitar kompleks masjid Cheng Hoo di Pandaan. Pemkab perlu membuat papan petunjuk informasi tentang keberadaan museum ini supaya pengunjung lebih ramai. (Foto: Rizal F Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PANDAAN, Radar Bromo – Museum Kabupaten Pasuruan resmi beroperasi pada awal Juli kemarin. Sayangnya, keberadaan museum yang berlokasi di Kelurahan Petungasri, Kecamatan Pandaan satu kompleks dengan pasar wisata Cheng Hoo, masih minim pengunjung.

Minimnya pengunjung ditengarai, karena masih sedikitnya orang yang mengetahui. Termasuk papan petunjuk keberadaan museum tersebut sangatlah minim. Sehingga banyak wisatawan ataupun pengguna jalan yang melintas, menjadi tak tahu bahwa di Pandaan ada Museum Kabupaten Pasuruan.

“Museumnya sudah ada dan beroperasi, tempatnya juga bagus dan layak dikunjungi sebagai wisata edukasi. Tapi sayangnya papan petunjuk lokasi atau keberadaannya sangat minim,” ucap Whendy, tokoh pemuda Kasri.

Lebih lanjut, ia katakan instansi terkait harus tanggap dan tak boleh diam begitu saja. Untuk minimnya papan petunjuk Museum Kabupaten Pasuruan, harus ada. Penyebarannya juga harus dilakukan di banyak titik.

“Tak perlu mewah, penting ada dulu. Dipasang di tepi jalan nasional, provinsi dan kabupaten melintas di Kecamatan Pandaan. Tentunya akses menuju Museum, agar pengguna jalan tahu dan sekaligus mampir untuk berkunjung,” cetusnya.

Sunguh disayangkan apabila wisatawan ataupun pengendara yang datang ke Pandaan, tak datang ke museum ini. Apalagi, lokasi museum sebenarnya strategis, lantaran berada di pusat Kota Pandaan. Selain itu dapat terjangkau oleh semua jenis kendaraan.

Terpisah, kabid seni dan budaya Disparbud Kabupaten Pasuruan Nurul Hudayati mengatakan, enggan berkomentar banyak. “Untuk pemenuhannya menyangkut papan petunjuk lokasi atau arah atau lainnya. Ke depan pasti ada, saat ini kami koordinasikan dan konsultasikan dulu dengan pimpinan,” tutur saat dihubungi Radar Bromo via telepon. (zal/fun)