Masuk Puncak Kemarau, Panas Hampir Mencapai 40 Derajat Celsius

PURWOREJO, Radar Bromo – Selama bulan ini warga Kota Pasuruan harus lebih waspada. Sebab, sudah memasuki puncak kemarau. Bahkan, suhu udara dalam bulan ini paling tinggi dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan Catur Aldoko mengatakan, saat ini Kota Pasuruan memasuki puncak kemarau. Rata-rata suhu udara selama September ini mencapai 38 sampai 39 derajat Celsius.

“Saat ini memang puncaknya. Lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya. Jika bulan lalu hanya berkisar 34 derajat Celsius, saat ini bisa mencapai hampir 40 derajat Celsius,” ujarnya.

Catur mengimbau agar masyarakat Kota Pasuruan lebih berhati-hati. Cuaca yang sangat panas seperti saat ini rawan menimbulkan bencana kebakaran. Terutama, pada lahan kosong atau rumah.

Karenanya, BPBD berharap masyarakat selalu mengecek rumah sebelum meninggalkannya. Salah satunya tidak membiarkan kompor kondisi menyala. Serta, tidak membuang puntung rokok sembarangan dalam keadaan menyala.

“Tidak hanya itu, kesehatan juga harus diperhatikan. Sebab, musim kemarau ini rawan dengan banyak penyakit. Masyarakat harus pandai menjaga kondisi tubuhnya tetap fit,” ujar Catur. (riz/rud/fun)