Belum Ada Tersangka di Kasus Ijazah Palsu, Polisi Fokus Kumpulkan Bukti

PAJARAKAN, Radar Bromo – Kasus ijazah palsu yang menjerat anggota DPRD Kabupaten Probolinggo dari Partai Gerindra Abdul Kadir, sudah berjalan hampir satu bulan. Sejauh ini, pihak kepolisian belum juga menentukan tersangka dalam kasus ini.

Pihak kepolisian masih terus fokus mengumpulkan bukti dan memintai keterangan beberapa saksi. Selasa (10/9) siang, pihak penyidik polres berencana memintai keterangan Jon Junaedi ketua DPC Gerindra setempat.

Jon -sapaan akrab- ketua DPC Gerindra itu, sebenarnya memenuhi panggilan penyidik polres. Sayang, saat tiba di Polres listrik padam. Sehingga, petugas menenda melakukan penyidikan.

“Tadi (Selasa, Red) sudah datang. Tapi karena listrik padam, pemeriksaannya kami tunda. Besok (hari ini) jam sembilan pagi kami minta untuk datang kembali,” kata Kasatreskrim Polres Probolinggo, AKP Riyanto saat dikonfirmasi di ruangannya.

Sampai sekarang, kata Riyanto, sudah ada sekitar 7 orang saksi yang diperiksa. Di antaranya dari Dinas Pendidikan, Bawaslu, dan juga KPU. Selain itu, pihaknya juga telah menyita ijazah yang bersangkutan yang diduga palsu.

“Belum (ditetapkan jadi tersangka). Ini kami masih fokus untuk mengumpulkan data dan pemeriksaan saksi,” katanya.

Saat ditanya berapa kemungkinan tersangka dalam kasus tersebut, Riyanto tidak menjawab pasti. Menurutnya, perkara itu cukup rumit. Sebab, indikasinya melibatkan banyak orang. Mulai dari petinggi parpol, penyelenggara paket C, dan juga dinas pendidikan.

“Kasus ini saling berkaitan. Mulai dari siapa yang menyediakan ijazah, siapa yang menyuruh dan lainnya. Jadi untuk tersangkanya menunggu proses penyelidikan dulu,” katanya.

Abdul Kadir sebagai terlapor sendiri telah dua kali dilakukan pemeriksaan. Bahkan, dalam pemeriksaan itu, ia menyebutkan satu nama yang diduga terlibat. Nama yang disebutkan Kadir -sapaan akrab Abdul Kadir- yakni berinisial JH. Ia merupakan salah seorang petinggi parpol Gerindra setempat.

“Perlahan nanti akan kami ungkap semuanya,” jelas Riyanto. (sid/fun)