Salah Administrasi, Pemasangan Lampu Stadion Gagal

BUTUH LAMPU: Stadion R Soedrasono, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, yang rencananya akan dilengkapi dengan lampu. Namun, pemasangannya tidak jadi tahun ini karena terkendala anggaran perencanaan. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

BANGIL, Radar Bromo – Rencana Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pasuruan memasang lampu di Stadion R Soedrasono, Kecataman Bangil, gagal terlaksana tahun ini. Sebab, ada kesalahan administrasi. Dispora masih membutuhkan anggaran perencanaannya.

Plt Kepala Dispora Kabupaten Pasuruan Yudha Triwidya Sasongko mengatakan, sampai awal bulan ini, pihaknya belum bisa melelang pengadaan Lampu Stadion R Soedarsono. “Ini, lantaran dalam anggaran pengadaan lampu stadion masih belum ada anggaran perencanaan. Sehingga, kami berharap ada dalam P-ABPD tahun ini,” ujarnya.

Yudha mengatakan, keterlambatan pemasangan lampu ini murni karena ada kesalahan administrasi. Dalam penyusunan anggarannya, ternyata tidak ada anggaran perencanaan. “Padahal, perencanaan ini penting. Sebelum lelang, perlu ada perencanaan teknisnya. Termasuk berapa yang harus dilelang dengan kondisi tertentu ini masuk perencanaan,” jelasnya.

Menurutnya, anggaran perencanaan pemasangan lampu stadion itu dibutuhkan sekitar Rp 100 juta sampai Rp 150 juta. Anggaran ini juga sudah dikonsultasikan ke bidang teknis terkait. Kebutuhan dana ini diusulkan dalam P-APBD.

Kata Yudha, meski disetujui, pemasangan lampu tetap tidak bisa dilakukan tahun ini. “Ini, lantaran waktunya sudah mepet. Dari lelang sampai pemasangan waktunya tidak bisa selesai dalam anggaran tahun ini,” ujarnya.

Ia memastikan, anggaran Rp 3,2 miliar dipastikan masih utuh dan akan masuk sisa anggaran APBD 2019. “Sehingga, mau tidak mau dianggarkan lagi tahun berikutnya. Yang pasti, karena belum adanya anggaran perencanaan, pemasangan lampu stadion belum bisa dipasang tahun ini,” ujarnya. (eka/rud)