Jalan Nasional Simpang Empat Taman Dayu Di-Rigid

PANDAAN, Radar Bromo – Pekerjaan peningkatan konstruksi jalan nasional di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, terus dilakukan. Sebelumnya di Simpang Empat Patung Sapi, Desa Tawangrejo dan di Simpang Empat Kasri, Kelurahan Petungasri. Kini, giliran di Simpang Empat Taman Dayu, Desa Karangjati.

Proyek ini mulai digarap sejak Jumat (6/9) malam. “Peningkatan jalan nasional dengan konstruksi rigid memang saat ini gencar kami lakukan di wilayah Kecamatan Pandaan. Untuk jurusan Surabaya-Malang, juga ada di jalan bypass dan sekarang sedang dikerjakan,” ujar Kaur Tata Usaha BBPJN VIII Surabaya Daniel Richard.

Namun, pengecoran di jalan bypass ini hanya satu ruas jalan. Yakni, di jalur dari arah Surabaya menuju Malang. panjanganya sekitar 100 meter dengan lebar sekitar 7 meter. “Di bypass kami garap dulu yang lajur cepat atau kanan. Setelah selesai baru giliran di lajur lambat atau kirinya,” ujar Daniel.

Setelah dicor setebal 30 sentimeter, jalan ini akan diaspal dengan ketebalan 55 sentimeter. Daniel mengatakan, semua anggaran proyek ini bersumber dari APBN. “Targetnya tiga pekan selesai. Jalan ini sengaja di-rigid agar fondasi dan badan jalan stabil,” ujarnya. (zal/rud)