Juri IKM Award 2019 Tetapkan 20 Besar

KADEMANGAN, Radar Bromo – Setelah melalui tahap presentasi, dewan juri IKM Award 2019 akhirnya menetapkan 20 peserta yang masuk 20 besar. Selanjutnya, mereka akan mengikuti penilaian melalui kunjungan langsung para juri. Kunjungan ini akan dilakukan pada Senin-Rabu (9-11/9).

Juri dari Forum CSR Sudarmanto mengatakan, pemilihan 20 nominasi sangat ketat. Terutama dalam proses penilaian. Para peserta IKM Award sangat bagus, sehingga untuk memutuskan peserta yang masuk 20 besar harus benar-benar cermat.

“Dalam penilaian juri, para peserta sangat baik performnya. Sehingga, nilai yang didapatkan hampir sama. Di luar ekspektasi. IKM di Kota Probolinggo memiliki potensi sangat luar biasa,” ujarnya. Di samping performa dalam melakukan presentasi yang sangat baik, kualitas produksi yang ditawarkan juga bagus. Hal ini menambah makin ketatnya penilaian.

Sudarmanto mengatakan, pada sesi presentasi, ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian dewan juri. Salah satunya dalam segi pemaparan pengenalan dan pengelolaan IKM-nya.

Pada sesi sebelumnya, penilaiannya hanya bermodalkan data. Namun, pada sesi kunjungan akan melihat secara langsung bagaimana IKM melakukan kegiatannya. “Kami akan melakukan kunjungan, tentunya untuk melihat langsung bagaimana kegiatan 20 nominasi IKM tersebut,” jelasnya.

Sudarmanto menyampaikan, penilaian pada sesi kunjungan akan berbeda dengan penilaian selama masa presentasi. “Kalau kemarin by data, kalau kunjungan ini akan ada penilaian yang lebih mendetail. Karena, kami di sana akan tahun dengan melihat sendiri,” jelasnya.

Diketahui, sebelumnya DKUPP Kota Probolinggo bersama Jawa Pos Radar Bromo, menggelar IKM Award 2019. Kegiatan ini diikuti 50 peserta dari lima kecamatan se Kota Probolinggo. Sejak Senin (2/9) lalu, mereka telah mengikuti tahap presentasi. Hasilnya, ada 20 peserta yang dinyatakan masuk 20 besar dari kategori muda dan kategori perintis. (mg1/rud)