Curi Helm di Pandaan, Pemuda asal Lemahbang Babak Belur Dihajar Massa

PANDAAN, Radar Bromo – Adi Putra Pratama, 21, hanya bisa menahan rasa sakit saat darah segar mengucur dari dahinya yang robek. Pemuda asal Desa Lemahbang, Kecamatan Sukorejo itu, babak belur usai dihajar massa, Sabtu (7/9) petang lalu, di Karangjati Pandaan. Dia juga sudah diamankan di sel tahanan Mapolsek Pandaan.

Ia babak belur dimassa, setelah aksi pencurian helm yang dilakukannya berhasil digagalkan warga. Petang itu dia mencuri helm milik pembeli warung tahu campur di Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan.

Korbannya adalah  Cahyo Slamet Pranoto, 31, warga Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Saat kejadian, ia membonceng Risma, 41, teman wanitanya asal Desa Rambakan, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Saat itu, kedua korban perjalanan pulang dari Pandaan mau ke Malang untuk pulang kampung. Namun, sampai di Desa Karangjati berhenti untuk beli tahu campur. Lalu motor diparkir dan dua helm ditaruh di spion.

“Tiba-tiba ada pengendara motor jenis Honda Beat berboncengan berhenti. Yang dibonceng turun dan saat itu juga langsung mengambil kedua helm tersebut. Mengetahuinya, spontan teriaki maling dan mengejarnya,” ucap korban, ditemui media ini di TKP.

KAWANNYA KABUR: Adi Putra Pratama sejatinya tak sendirian saat beraksi. Tapi kawannya berhasil kabur. (Foto: Rizal F Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Mendengar ada teriakan maling dan melihat korban mengejar pelakunya. Warga sekitar ikut juga melakukan pengejaran terhadap pelaku. Akhirnya, berjarak sekitar 200 meter dari TKP, pelakunya berhasil tertangkap, dan sempat menjadi bulan-bulanan massa.

Tak lama kemudian tim saber begal dari Sabhara Polres Pasuruan sedang melintas, berhenti untuk mengamankan pelaku. Kemudian menghubungi piket Polsek Pandaan, sesaat kemudian tiba di TKP dan membawa pelaku beserta barang buktinya dua buah helm ke mapolsek setempat.

“Pelakunya ada dua orang, berboncengan naik motor jenis Honda Beat. Eksekutornya tertangkap. Sedangkan joki motornya kabur,” jelasnya.

Petugas piket jaga Polsek Pandaan mengamankan pelaku menggunakan mobil patroli. Dari TKP, polisi mampir ke IGD Puskesmas Pandaan, untuk mengobati luka-luka yang dialami pelaku usai babak belur dimassa.

“Korbannya sudah lapor ke mapolsek, untuk pelakunya satu orang telah diamankan. Sedangkan rekannya kabur. Kasus pencurian helm ini kami tangani dan dalam proses lidik,” ungkap Kanitreskrim Polsek Pandaan Ipda Budi Luhur. (zal/fun)