Pipa Bocor, Pasokan di Dua Dusun di Desa Watupanjang Tersendat

KRUCIL, Radar Bromo – Dua hari belakangan Dusun 1 dan Dusun 2 di Desa Watupanjang mengalami gangguan pasokan air menuju perumahan penduduk. Terganggunya pasokan air ini dikarenakan kebocoran pipa penghubung air menuju dua dusun. Sehingga kebutuhan air rumah tangga terganggu.

Hal ini dibenarkan Kepala Desa Watupanjang Kus Junaidi. Dia mengatakan bahwa memang pasokan air menuju dua dusun tersebut memang sedikit mengalami gangguan.

“Pasokan air memang sedikit terganggu, karena pipa air yang menghubungkan sumber air menuju dua dusun yakni Dusun 1 dan Dusun 2 tidak lancar,” ujarnya.

Dia mengatakan, pihaknya akan melakukan perbaikan terhadap kebocoran itu. Warga diharapkan tidak perlu khawatir dengan pemenuhan kebutuhan air. Perbaikan akan dilakukan dengan cepat agar warga tidak mengeluh dengan kebutuhan air di rumah.“Paling tidak besok sudah selesai perbaikannya dan akan pulih seperti semula,” jelasnya.

Terkait dengan daerah rawan kekeringan, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo Sugeng Suprisayoga mengatakan jika daerah Krucil, Tiris, dan Gading masih tidak termasuk daerah rawan kekeringan. “Daerah itu tidak masuk daerah rawan kekeringan karena ada di daerah pegunungan. Seandainya pun terjadi krisis air pasti karena ada kebocoran pipa,” ujarnya.

Dia menambahkan, jika daerah pegunungan mengalami krisis air dalam jangka waktu yang panjang, pihaknya akan berkoordinasi dengan PDAM terdekat dengan lokasi. Agar droping air dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air yang ada di daerah tersebut. (ar/fun)